+62 856-4370-6002 luthfi.sajadah@gmail.com
Select Page

Hikmah Ibadah Umroh – Umroh merupakan salah satu ibadah sunnah yang pelaksanaanya hampir mirip dengan ibadah haji. Namun, yang membedakan antara ibadah umroh dan haji yaitu rukunnya. Selain itu, perbedaan haji dan umroh juga terletak pada waktu pelaksanaanya.

Ibadah umroh dapat dilakukan kapan saja, sedangkan ibadah haji dibatasi waktunya, yakni pada 8-12 Dzulhijjah. Meski umroh termasuk ibadah sunnah. Namun, ibadah umroh memiliki banyak hikmah bagi umat Islam yang melaksanakannya.

Syarat Umroh

Ilustrasi Umroh di Bulan Ramadhan
Ilustrasi Umroh di Bulan Ramadhan, Sumber : Risalah Tour

Umroh merupakan salah satu ibadah mulia yang telah diberikan tuntunannya oleh Rasulullah salallahu’alayhi wa sallam. Sehingga saat ini kaum Muslimin hanya tinggal mengikuti tahap demi tahap dari panduan umroh yang diberikannya. Salah satu yang membuat ibadah umroh diterima Allah juga mengikuti tata cara umroh yang dicontohkan Rasulullah (ittiba’).

Jika Anda memutuskan untuk menjalankan rangkaian ibadah haji kecil, pastikan Anda memenuhi syarat-syaratnya. Berikut ini adalah syarat-syarat umroh yang harus dipenuhi. 

  1. Beragama Islam
  2. Sudah baligh dan berakal sehat
  3. Merdeka 
  4. Mampu secara baik dalam kesehatan, kendaraan, bekal, dan biaya
  5. Memiliki mahram (khusus untuk wanita)

Tips Ibadah Umroh

Melaksanakan Ibadah Umroh merupakan suatu hal yang didambakan oleh semua umat Muslim. Selain berpahala dalam menjalankannya, Ibadah Umroh juga merupakan salah satu kegiatan yang mengasyikkan. Tapi, bagaimana jika menunaikan ibadah Umroh-nya bersama keluarga? Tentu akan terasa lebih menyenangkan, juga khidmat.

Ilustrasi Tata Cara Umroh
Ilustrasi Tata Cara Umroh, Sumber : haramaintour.com

Beribadah bersama anak dan istri di tanah suci merupakan momen berharga yang tidak bisa dilupakan. Bagi Anda yang ingin Umroh bersama keluarga. Berikut ini beberapa tips Ibadah Umroh bagi keluarga.

1. Membawa Pakaian Sesuai 

Pada dasarnya, Arab memiliki dua musim yaitu musim panas dan musim dingin. Namun, yang menjadi masalah adalah cuaca di daerah Arab bisa sangat ekstrim. Saat sedang panas maka akan panas sekali begitu pula saat cuaca sedang dingin. Keadaan tersebut sangat berbeda dengan Indonesia yang beriklim tropis.

Oleh karena itu, diharapkan Anda yang akan Umroh bersama keluarga harus membawa beberapa pakaian sesuai dengan musim yang sedang terjadi di Arab. Apabila Anda berangkat saat akhir atau awal  tahun maka yang perlu dibawa adalah pakaian tebal, sebab cuacanya akan sangat dingin.

Sedangkan saat pertengahan tahun, sebaiknya Anda membawa pakaian tipis dan menyerap keringat. Namun, pakaian tersebut tidak boleh sampai transparan terlebih lagi jika pakaian wanita.

2. Mengecek Kesehatan & Perlengkapan

Terkadang obat-obatan yang terdapat di tanah suci mengandung dosis yang sangat tinggi dan tidak cocok untuk warga Indonesia. Jadi, lakukanlah pencegahan agar saat di tanah suci Anda sekeluarga tidak mengalami sakit.

Caranya yaitu dengan selalu memeriksakan kesehatan secara rutin sebelum berangkat. Hal ini sangat dianjurkan agar setelah sampai tanah suci kondisi kesehatan Anda berada dalam kondisi yang baik.

Perlengkapan Umroh merupakan suatu hal yang harus dipersiapkan saat akan berangkat menuju ke tanah suci bersama keluarga.

3. Mencari Pendamping Umroh

Agar perjalanan Anda lebih nyaman dan aman. Alangkah baiknya untuk menyewa pendamping Umroh pada travel yang Anda gunakan. Hal ini dilakukan agar perjalanan Anda lancar dan aman. Carilah pendamping Umroh yang mengetahui seluk beluk kota makkah dan memiliki kemampuan ilmu syariah yang baik, apalagi jika Anda membawa anak-anak di bawah umur.

Cobalah untuk menyewa pendamping Umroh khusus dari warga setempat atau travel Umroh bersangkutan. Selain untuk kenyamanan, terdapat juga peraturan yang menyebutkan bahwa jamaah yang berusia di bawah 45 tahun wajib memiliki pendamping sampai kantor imigrasi Arab.

Hikmah Ibadah Umroh

Ilustrasi Hikmah Ibadah Umroh
Ilustrasi Hikmah Ibadah Umroh, Sumber : Hasuna Tour

Sebagaimana dirangkum dari berbagai sumber, berikut beberapa hikmah yang dapat diraih melalui pelaksanaan ibadah umroh.

1. Kegiatan ibadah umroh merupakan bagian dari syi`ar untuk mensucikan dan membesarkan nama Allah seperti yang tercantum dalam kalimat talbiyyah.

2. Ibadah umroh  merupakan salah satu sarana bagi umat manusia untuk senantiasa menginstrospeksi dirinya, bahkan ketika dia berada sangat dekat dengannya di Baitullah.

3. Ibadah umroh sebagai simbol ketaatan dan kepatuhan kita kepada Allah SWT sebagai hambanya yang senantiasa melakukan segala perintahnya dan menjauhi semua laranganNya.

4. Ibadah umroh merupakan rihlah muqaddasah (perjalanan suci), inilah yang menyebabkan seluruh kegiatan yang dilakukan pada saat melakukan ibadah umroh adalah sebuah perjalanan ibadah demi memperoleh pahala dan ridho dari Allah SWT.

5. Ibadah umroh dapat memperoleh keberkahan bagi siapapun yang menjalankannya. Bila ibadah umroh dilakukan dengan hati yang ikhlas dan dijalankan dengan khusyu maka dapat menjadi ibadah yang sah atau diterima. Ketika ibadah umroh diterima, maka hidup akan dilimpahkan dengan keberkahan dan menjadi lebih baik.

6. Hikmah ibadah umroh berikutnya adalah doa akan dikabulkan. Orang yang melakukan ibadah umroh merupakan tamu Allah sehingga memiliki keistimewaan dengan dikabulkan segala doa yang dipanjatkan.

Penyataan ini tertuang dalam sebuah hadits yang mana berisi siapapun yang memohon ampunan dan bermohon kepada Allah maka pasti akan dikabulkan.

7. Ibadah umroh dapat menghapus dosa. Jika Anda pernah melakukan umroh 5 tahun lalu dan berencana beribadah umroh di tahun ini, maka dosa-dosa mulai dari umroh 5 tahun lalu hingga ke umroh sekarang akan Allah Subhanahu wa Ta’ala ampuni dosa-dosanya. Seperti yang disebutkan dalam hadits Rasulullah, umroh adalah penghapus dosa bagi yang melaksanakannya.

Dari Abu Hurairah, ia berkata, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Antara umroh yang satu dan umroh lainnya, itu akan menghapuskan dosa di antara keduanya. Dan haji mabrur tidak ada balasannya melainkan surga.” (HR. Bukhari no. 1773 dan Muslim no. 1349).

8. Ibadah umroh sebagai jihad bagi para perempuan. Jihad merupakan ibadah yang mendapatkan pahala yang sangat besar dari Allah SUBHANAHU WA TA’ALA Perempuan diberikan kesempatan untuk berjihad lewat ibadah umroh atau haji. 

Seperti yang disebutkan dalam hadits berikut ini: ‘Aisyah berkata, “Wahai Rasulullah, apakah wanita juga wajib berjihad?” Beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam menjawab, “Iya. Dia wajib berjihad tanpa ada peperangan di dalamnya, yaitu dengan haji dan umroh.” (HR. Ibnu Majah no. 2901, hadits ini shahih sebagaimana kata Syaikh Al Albani).

Demikianlah ulasan mengenai beberapa hikmah ibadah umroh bagi umat Islam yang dapat dipetik. Bersyukurlah bagi Anda yang telah menunaikannya. Selalu berusaha menyisihkan sebagian rezeki Anda untuk menjadi tamu Allah.