+62 856-4370-6002 luthfi.sajadah@gmail.com
Select Page

Asal-usul Air Zam-zam – Air Zam-zam adalah salah satu oleh-oleh favorit perjalanan haji yang sayang untuk dilewatkan. Beruntung jika Anda bisa berada di Makkah atau Madinah apalagi tinggal di sana. Anda tidak perlu bersusah payah untuk mencari dan meminum air yang bermanfaat ini. Namun bagaimana jika Anda hanya berkunjung ke Makkah dan Madinah saat melaksanakan ibadah haji saja?

Toko oleh-oleh haji biasanya memiliki stok khusus yang dapat dibeli. Untuk Anda yang ingin menikmati air zam-zam bisa mencoba untuk bertanya persediaan yang dapat Anda beli. Nah, mengapa harus berusaha sedemikian rupa untuk mendapatkan air zam-zam? Ketahuilah berbagai macam keistimewaannya serta manfaatnya untuk kesehatan berikut ini.

Sejarah Air Zam-zam

Tempat Minum Air Zam-zam di Arab
Tempat Minum Air Zam-zam di Arab

Asal usul Air Zam-zam dari bahasa aran yang bermakna melimpah. Air ini memiliki sejarah yang menakjubkan dan masih menjadi bagian dari napak tilas saat melakukan prosesi ibadah haji. Tanah Mekkah yang notabene sejak dulu dikenal tandus bisa menghasilkan air tanpa pernah berhenti.

Sekitar 4.000 tahun yang lalu, Nabi Ibrahim harus meninggalkan istrinya Siti Hajar dan anaknya Nabi Ismail yang pada saat itu masih bayi pada sebuah lembah di sekitar bukit Shafa dan Marwah. Lembah tersebut sama sekali tidak subur, karena sama sekali tidak terdapat tumbuhan yang hidup. Sehingga diasumsikan tidak terdapat sumber air sedikitpun.

Bayi Nabi Ismail ternyata kehausan dan hampir terancam nyawanya. Sehingga ibunya, Siti Hajar harus berjalan menyusuri lembah dan sesekali kembali untuk memperhatikan anaknya yang ditinggalkan di lembah tersebut. Aktivitas ini akhirnya seperti sa’i, yaitu berlari bolak balik antara bukit Shafa dan Marwah yang sekarang diabadikan sebagai salah satu pelaksanaan dalam ibadah haji.

Akhirnya Allah SWT memberikan karunianya berupa mata air tepat di kaki bayi Nabi Ismail yang memancar begitu deras. Kemudian Siti Hajar menggali tanah di sekitar mata air untuk menampungnya. Begitulah hingga saat ini menjadi asal-usul air zam-zam. Konon, sumur yang ada saat ini adalah galian yang berbeda karena mata air di masa Nabi Ismail sudah hilang.

Fakta Air Zam-zam

Sebagai air dengan berbagai macam keutamaan, meskipun perlu diteliti secara keilmuan, sejak dulu air ini terus dikonsumsi. Tidak sebagaimana air lainnya yang juga dipakai untuk membersihkan, air zam-zam lebih dianjurkan untuk dikonsumsi saja. Dikabarkan bahwa Rasulullah SAW saat dibersihkan hatinya, Malaikat Jibril menggunakan air zam-zam.

Air Zam-zam, sumber : Islamedia
Air Zam-zam, sumber : Islamedia

Dalam perjalanan hidupnya sendiri, Rasulullah SAW adalah orang yang mengkonsumsi air ini pada beberapa kesempatan misalnya saat melakukan ibadah haji sebelum melakukan sa’i. Dikabarkan bahwa beliau meminum hingga kenyang, membasahi kepalanya menggunakan air ini baru melakukan sa’i.

Untuk mengetahui apa saja keutamaan yang dikenal dari air ini, simak nama-nama lainnya berikut ini :

  • Syaba’ah, artinya mengenyangkan. Setiap orang yang meminum ini pasti akan merasa kenyang
  • Murwiyah, artinya penyegar. Air ini sungguh menghilangkan dahaga bagi yang meminumnya
  • ‘Afiyah, artinya sehat. Zamzam memang dikenal dapat menolak penyakit
  • Nafi’ah, artinya bermanfaat. Zamzam dikenal sangat bermanfaat, seperti menguatkan hati, atau menghilangkan ketakutan
  • Maimunah, artinya berkah. Berkah air ini sudah sangat dirasakan banyak orang.
  • Barrah, artinya memiliki kebaikan. Air ini sangat baik bagi yang meminumnya untuk memperoleh keberkahan
  • Madhmunah, artinya bagus. Karena, indahnya air ini, maka Allah melarang suatu kaum dari bangsa Arab yang tinggal di sekitar sumur ini untuk bermaksiat
  • Kafiyah, artinya mencukupi. Orang yang meminum ini akan merasa cukup atau puas saja.
  • Syifa’ saqamin, artinya menyembuhkan penyakit. Karena air ini dapat dijadikan obat penyakit bagi yang meminumnya
  • Mu’zhibah, artinya mencegah rasa dahaga. Rasanya antara manis atau tawar. Karena sifat inilah, Zamzam punya keutamaan seperti ini. Hanya saja, setelah dibawa pulang ke Indonesia, rasanya sedikit berubah
  • Tha’amu Tha’min, artinya mengenyangkan. Orang yang meminum Zamzam akan merasa kenyang
  • Hazmatu Jibril, artinya injakan tumit Malaikat Jibril. Sesuai dengan asal mulanya Zamzam.

Manfaat Air Zam-zam untuk Kesehatan

Dilihat dari kandungannya, Air Zam-zam memiliki berbagai khasiat untuk kesehatan. Hal ini sebagaimana hasil dari sebagian penelitian yang pernah dilakukan. Untuk mengetahuinya, berikut beberapa ringkasannya :

1. Melancarkan Sirkulasi Darah

Manfaat zam-zam adalah membantu memperlancar sirkulasi darah dalam tubuh. Sirkulasi darah dapat terganggu karena adanya timbunan lemak pada pembuluh darah akibat dari kebiasaan yang tidak sehat. Salah satunya adalah kebiasaan mengonsumsi makanan yang mengandung lemak tinggi. Penyumbatan pembuluh darah bisa berakibat fatal bagi tubuh karena dapat menyebabkan kematian.

Oleh-oleh Air Zam-zam, sumber : RiauSky.Com
Oleh-oleh Air Zam-zam, sumber : RiauSky.Com

2. Menjaga Kesehatan Tulang dan Gigi

Karena kalsium yang terdapat pada zam-zam sangat berlimpah, air tersebut secara positif dapat mempengaruhi tubuh manusia, terutama tulang dan gigi. Tulang dan gigi adalah salah satu anggota tubuh yang membutuhkan kalsium untuk dapat mempertahankan daya tahan dan kesehatannya.

Zam-zam mengandung kalsium yang dibutuhkan oleh tulang dan gigi untuk mencegah tulang prematur. Tulang dapat menyerap vitamin dan mengambil manfaatnya untuk pertumbuhan yang lebih baik.

3. Meningkatkan Energi

Manfaat Zam-zam lainnya adalah kandungannya yang dapat meningkatkan energi. Metabolisme tubuh berperan untuk mengubah lemak menjadi energi ketika melakukan aktivitas sehari-hari.

Metabolisme yang lancar mempercepat gerakan dan mencegah timbulnya timbunan lemak di bagian tubuh, terutama lengan, paha, dan perut. Akumulasi lemak di bagian itu bisa disebabkan oleh metabolisme tubuh yang lambat. Dengan mengonsumsi Zam-zam, menjadi salah satu cara untuk melancarkan metabolisme dalam tubuh.

Ilmuwan sekaligus kepala pusat medis di Munich, Dr. Knut Pfeiffer, telah lama mempelajari efek dan manfaat air zam zam. Salah satu teorinya yang paling menarik adalah bahwa Zam-zam dapat meningkatkan energi dan memperkuat sistem sel tubuh manusia, yang dibuktikannya melalui banyak penelitian dan percobaan.

Itu dia berbagai informasi menarik seputar Air Zam-zam. Semoga ulasan ini dapat memberikan manfaat untuk Anda. Simak terus berbagai artikel menarik khas oleh-oleh haji di halaman luthfisajadah.com.