+62 856-4370-6002 luthfi.sajadah@gmail.com
Select Page

Cara Memasak Kacang Arab – Kacang arab merupakan salah satu oleh-oleh camilan yang tidak boleh ketinggalan untuk dibawa ke tanah air sepulang beribadah haji atau umroh. Selain jarang didapatkan di Indonesia kecuali pada toko oleh-oleh haji, rasanya juga berbeda dengan jenis camilan kacang yang terdapat di Indonesia lainnya. Yang paling penting tentu saja adalah khasiat kacang arab untuk kesehatan.

Meskipun dinamakan kacang arab oleh orang Indonesia, kacang ini sebenarnya terdapat di berbagai negara lainnya. Jadi, untuk mendapatkannya sebenarnya tidak harus berpergian ke Makkah sembari melaksanakan ibadah haji. Kacang yang satu ini dijadikan sebagaimana makanan utama dan memiliki cita rasa yang nikmat.

Cara Memasak Kacang Arab

Sajian Kacang Arab, sumber : SehatQ
Sajian Kacang Arab, Sumber : SehatQ

Umumnya, kacang arab yang dikenal juga dengan nama kacang garbanzo hanya direbus terlebih dulu sebelum dikonsumsi. Padahal, jenis kacang satu ini juga bisa dimasak menggunakan slow cooker ataupun oven.

Kacang arab yang memiliki rasa unik nan gurih ini bisa dicampurkan ke dalam berbagai jenis makanan. Anda pun bisa membumbuinya dengan berbagai rempah ataupun dibuat menjadi saus celup, pelengkap salad, ataupun sup. Berikut ini beberapa cara memasak kacang arab yang bisa Anda coba di rumah.

1. Kacang Arab Rebus

Untuk membuat 900 gram sajian kacang arab rebus, bahan yang Anda butuhkan sebagai berikut: 450 gram kacang arab kering, 1 sdm atau 15 ml soda kue, air secukupnya dan garam sesuai selera.

Langkahnya, masukkan kacang arab ke dalam sebuah wadah bersama air dingin hingga terendam seluruhnya. Tambahkan soda kue, aduk hingga larut. Rendam kacang minimal 8 jam di suhu ruang atau jika Anda ingin lebih cepat, Anda bisa merebus kacang dalam sepanci air panas.

Ilustrasi Cara Memasak Kacang Arab
Ilustrasi Cara Memasak Kacang Arab, Sumber : Chef Heidi Fink

Setelah itu, saring dan bilas kacang menggunakan air mengalir untuk menghilangkan kotorannya. Pindahkan ke dalam panci yang lebih besar, beri garam dan air untuk merebus. Tunggu hingga matang dan kacang arab siap disajikan setelah Anda menyaring air rebusannya.

2. Kacang Arab Panggang

Cara memasak kacang arab berikutnya adalah dengan metode panggang. Siapapun pasti tak bisa melewatkan sajian satu ini. Pasalnya, kacang arab panggang memiliki cita rasa lezat dan gurih. Berikut ini beberapa bahan yang Anda butuhkan untuk membuat kacang arab panggang, yaitu : 450 gram kacang arab kalengan, 1 ½ sdm minyak zaitun, ½ sdt garam dan ¼ sdt bubuk bawang putih

Langkahnya, siapkan loyang panggangan yang telah diberi semprotan anti lengket. Anda juga bisa mengoleskan lemak atau melapisi loyang menggunakan alumunium foil atau kertas roti. Kemudian, tuangkan kacang arab ke dalam saringan untuk memisahkan kacang dengan cairan di dalam kaleng. Bilas menggunakan air bersih.

Letakkan kacang arab tersebut di antara dua lapis tisu bersih, gulingkan kacang dengan menggerakkan tisu bagian atas untuk menyingkirkan air yang tersisa. Cara ini juga berfungsi untuk mengelupas kulit kacang yang masih menempel. Jangan terlalu ditekan agar kacang tidak hancur.

Masukkan kacang arab ke dalam sebuah wadah, tambahkan minyak zaitun. Aduk dengan lembut sampai kacang dan minyak tercampur rata. Minyak zaitun akan memberi rasa pada kacang arab, sekaligus menciptakan tekstur yang lezat selama dipanggang didalam oven.

Pindahkan kacang arab berlapis minyak zaitun tersebut ke loyang panggangan dan pastikan untuk meratakannya dalam satu lapisan agar matang merata. Panggang kacang sekitar 30-40 menit sampai berwarna emas kecoklatan dan renyah.

Setelah matang, keluarkan kacang dari oven. Beri taburan garam dan bubuk bawang putih, lalu aduk lembut dengan spatula datar sampai benar-benar merata. Sajikan kacang arab sebagai camilan sehat untuk keluarga di rumah.

Anda juga bisa memberi tambahan atau memadukan bumbu rempah lainnya, seperti bubuk cabai, bubuk kari, paprika atau bahkan kayu manis. Dijamin, sajian kacang arab yang Anda buat akan terasa berbeda tapi tetap lezat.

3. Kacang Arab Slow Cooker

Ilustrasi Memasak Kacang Arab
Ilustrasi Memasak Kacang Arab, Sumber : Tawakkalna

Cara selanjutnya untuk mengolah kacang arab adalah dengan memasaknya menggunakan slow cooker. Berikut bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat 900 gram sajian kacang arab matang: 450 gram kacang arab kering, 1750 ml air, ¼ sdt soda kue dan 1 sdt garam.

Langkahnya, bilas kacang arab menggunakan air dingin, lalu masukkan ke dalam slow cooker bersama semua bahan yang telah disiapkan. Aduk perlahan untuk meratakan soda kue dan memastikan seluruh kacang telah terendam oleh air. Tutup dan masak hingga lembut. Untuk proses ini Anda membutuhkan waktu kurang lebih 4 jam dengan suhu tinggi.

Setelah matang, saring seluruh isi slow cooker untuk memisahkan air dan kacang, lalu bilas menggunakan air mengalir. Kacang arab pun siap disajikan. Anda juga bisa menyimpan kacang arab ini untuk digunakan di lain hari bersama masakan lainnya.

Demikianlah ulasan mengenai beberapa cara memasak kacang arab tanpa repot yang bisa Anda coba sendiri di rumah. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda yang mungkin saat ini sedang mencari inspirasi camilan sehat bagi keluarga. Bagi Anda yang tidak mau repot, Anda bisa langsung membeli kacang arab yang sudah jadi, bisa Anda dapatkan salah satunya di toko oleh-oleh haji.