+62 856-4370-6002 luthfi.sajadah@gmail.com

Luthfi Sajadah merupakan salah satu pusat oleh-oleh Haji Jogja yang menyediakan berbagai kebutuhan Haji dan Umroh Anda. Mulai dari perlengkapan Haji dan Umroh yang akan dibawa, souvenir/oleh-oleh, hingga berbagai keperluan muslim lainnya. Untuk menunjang pemasaran, agar produk yang dijual dapat lebih dikenal masyarakat luas diperlukan strategi. Salah satu caranya ialah menggunakan digital marketing strategi.

Strategi bisnis di era digital seperti ini sudah mulai banyak pengusaha yang menerapkannya. Semakin berkembangnya sebuah teknologi, membuat pengusaha mau tidak mau mengikuti perkembangannya juga agar tidak ketinggalan. Untuk saat ini menggunakan konsep digital marketing dianggap lebih efektif untuk meningkatkan penjualan. Apalagi pada saat pandemi mulai masuk Indonesia yang mengharuskan berbagai sektor bisnis untuk tetap survive.

Faktanya semenjak adanya pandemi covid-19, banyak usaha yang terpaksa menutup bisnisnya karena tidak mampu bertahan. Namun dengan penerapan digital marketing dapat membantu banyak pengusaha untuk tetap terus mempertahankan bisnisnya melalui online. Penggunaan internet di masa pandemi juga semakin meningkat, sehingga promosi melalui dunia maya dapat cepat tersampaikan pada taget pasar yang dituju.

Mengenal digital marketing strategi, Sumber: qwords.com
Mengenal digital marketing strategi, Sumber: qwords.com

Apa Itu Strategi Digital Marketing?

Digital marketing adalah suatu teknik pemasaran yang menggunakan media internet sebagai platform promosinya. Strategi pemasaran digital ini memanfaatkan kemajuan teknologi yang semakin pesat, Saat ini banyak orang yang menginginkan berbagai kemudahan dari penggunaan internet. Misalnya saja membeli oleh-oleh Haji Jogja ataupun souvenir Arab yang lainnya melalui pemesanan secara online.

Karena banyaknya masyarakat yang menggunakan internet, dapat membuka peluang yang besar bagi pengusaha. Salah satu caranya dengan memanfaatkan sosial media. Contoh digital marketing yang banyak digunakan oleh pengusaha untuk strategi promosi di era digital ialah sosial media. Anda bisa memanfaatkan berbagai platform seperti Instagram, Facebook, Twitter, hingga Tiktok.

Penggunaan digital marketing yang efektif memiliki berbagai kelebihan, diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Dapat menjangkau target pasar yang lebih luas, tidak berpatok pada 1 wilayah saja.
  • Membantu membangun brand Anda menjadi lebih terkenal. Dengan semakin banyaknya orang yang menjangkau bisnis Anda tersebut, maka brand Anda juga semakin banyak yang kenal.
  • Biaya yang Anda keluarkan untuk melakukan promosi melalui digital lebih terjangkau.
  • Menggunakan teknik digital marketing juga lebih efektif dalam menjangkau target pasar.
  • Mudah dalam penggunaannya.
  • Lebih cepat untuk menyebarkan informasi terbaru dari produk yang Anda jual.

Penerapan Digital Marketing Strategi

Meskipun teknik digital marketing ini masih tergolong baru, namun bukan berarti Anda tidak bisa mempelajarinya. Ada beberapa strategi yang bisa Anda terapkan untuk mempromosikan bisnis Anda melalui pemaran digital ini. Berikut telah Luthfi Sajadah rangkumkan untuk Anda.

1. Menggunakan Teknik SEO pada Website

Apakah Anda pernah mendengar istilah SEO? SEO atau Search Engine Optimazation adalah teknik yang digunakan untuk mengoptimasi website bisnis Anda agar muncul dihalaman teratas dari mesin pencarian. Semakin atas posisi website Anda berada, maka semakin besar pula peluang untuk meningkatkan penjualan Anda.

Jika Anda tidak bisa melakukan optimasi web secara mandiri, Anda bisa menggunakan layanan dari jasa SEO atau jasa digital marketing yang terpercaya. Supaya lebih teroptimasi dengan baik, disarankan untuk Anda menggunakan jasa SEO untuk mengoptimasi website Anda. Saat ini teknik SEO banyak diterapkan oleh pelaku bisnis untuk memasarkan produk yang dijualnya di internet. Sehingga seiring berjalannya waktu akan semakin banyak kompetitor yang menggunakan teknik SEO.

Website Luthfi Sajadah, Sumber: Luthfi Sajadah
Website Luthfi Sajadah, Sumber: Luthfi Sajadah

2. Memanfaatkan Penggunaan Sosial Media

Sebagian besar orang menghabiskan waktu untuk mengakses sosial medianya. Oleh karena itu menggunakan sosial media untuk mempromosikan produk Anda merupakan sebuah peluang yang menjanjikan. Anda dapat menjangkau target market yang lebih luas, sehingga tidak hanya terbataskan daerah atau wilayah. Salah satu platform yang bisa Anda manfaatkan adalah Facebook marketing.

Dilansir dari Databoks, menurut data dari Internetworldstats, penggunaan Facebook di Indonesia mencapai 175,3 juta. Data tersebut diambil hingga akhir Maret 2021. Angka dalam data tersebut setara dengan 63,4% total populasi yang mencapai 276,36 juta jiwa (estimasi 2021) atau sekitar 82% dari pengguna internet di Indonesia. Selain Facebook, Anda juga bisa memanfaatkan platform sosial media yang lainnya.

Misalnya saja Instagram, Twitter, hingga Tiktok yang saat ini sedang populer dikalangan masyarakat. Jumlah pengguna Tiktok naik secara signifikan di masa pandemi daripada hari-hari sebelumnya. Peraturan yang tidak memperbolehkan masyarakat untuk bepergian membuat orang-orang mencari hiburan baru. Salah satunya menggunakan sosial media, inilah saat yang tepat untuk mempromosikan bisnis Anda melalui platform tersebut.

Baca juga: Media Mendapatkan Perlengkapan Haji di Dunia Maya

3. Menggunakan Iklan Online

Penerapan digital marketing strategi berikutnya ialah memasang iklan online untuk produk Anda. Untuk menggunakan iklan berbayar ini, Anda memerlukan persiapan budget yang lebih. Meskipun terbilang lebih mahal dari yang lainnya, menggunakan iklan online ini dapat dikatakan cukup efektif untuk mendapatkan konsumen dalam jangka waktu yang relatif cepat. Anda bisa mencoba menggunakan Google Ads atau yang lainnya untuk menerapkannya.

4. Email Marketing

Email marketing ini juga merupakan salah satu cara yang digunakan oleh berbagai perusahaan dalam menawarkan produknya. Cara ini sudah ada sejak lama, sekitar tahun 1978 pertama kali terciptanya. Selain mempromosikan produk, Anda juga bisa menjalin komunikasi yang baik dengan konsumen Anda. Sehingga konsumen tersebut tetap setiap untuk berlangganan dengan membeli berbagai produk Anda.

Penggunaan email marketing ini juga dinilai memiliki biaya yang cukup murah dan terjangkau. Jadi Anda tidak perlu mengeluarkan budget yang besar untuk penerapannya.

Pemasaran melalui digital, Sumber: harapanrakyat.com
Pemasaran melalui digital, Sumber: harapanrakyat.com

Itulah tadi informasi seputar digital marketing strategi untuk memasarkan berbagai produk bisnis Anda. Dengan adanya digital marketing ini, Anda juga semakin mengenal Luthfi Sajadah kan?

Ikuti berbagai informasi menarik seputar Haji dan Umroh hanya di laman website kami. Anda bisa menghubungi kami untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai pemesanan berbagai kebutuhan Haji dan Umroh hingga souvenir khas Arab.