+62 856-4370-6002 luthfi.sajadah@gmail.com

Siapa yang tak gembira bisa dipertemukan dengan bulan penuh kemuliaan ini, bulan Ramadhan. Dimana setiap umat muslim di seluruh dunia berlomba-lomba untuk memperbanyak ibadah saat Ramadhan. Sebab di bulan ini lah, semua amalan akan dilipatgandakan ganjarannya oleh Allah Subhanahu Wa Ta’ala.

Kita tahu bahwa bulan Ramadhan memiliki banyak keistimewaan dan kemuliaan yang tentu saja tidak akan bisa ditemukan di bulan-bulan lainnya. Salah satunya adalah hadirnya malam yang senilai dengan seribu bulan atau dikenal sebagai malam Lailatul Qadar.

Mengingat bahwa setiap ibadah yang dilakukan saat bulan Ramadhan memiliki nilai pahala yang berlipat ganda, maka akan lebih baik jika kita tidak hanya mengamalkan ibadah wajib saja, tetapi juga melakukan ibadah sunnah.

Maka dari itu untuk mendampingi perjalanan spiritual selama bulan Ramadhan, ada beberapa ibadah yang bisa dilakukan sebagai sarana dalam meraih banyak pahala serta berkah yang melimpah. Dengan begitu, selama bulan Ramadhan ini Anda dapat benar-benar mendekatkan diri kepada Sang Pencipta.

7 Ibadah yang Bisa Dilakukan saat Ramadhan

Ibadah puasa Ramadhan, Sumber: bisnis.com
Ibadah puasa Ramadhan, Sumber: bisnis.com

Lalu, apa saja ibadah yang bisa dilakukan saat bulan Ramadhan? Mari simak penjelasannya berikut ini.

1. Ibadah Puasa

Ibadah satu ini adalah ibadah wajib yang harus dilakukan oleh umat muslim ketika datang bulan Ramadhan, terutama jika termasuk pada golongan orang yang mampu. Sebab untuk orang tua yang sudah sakit-sakitan, ibu menyusui, melahirkan, dan anak kecil diperbolehkan untuk tidak berpuasa.

Di samping ibadah ini adalah suatu kewajiban, tentu ada banyak keutamaan yang bisa didapatkan jika melakukannya dengan niat lurus. Salah satunya adalah pengampunan dosa. Maka dari itu, berpuasa saat Ramadhan menjadi kesempatan emas untuk mendapatkan ampunan dari-Nya.

2. Berdoa Ketika Berbuka

Berbuka puasa adalah salah satu waktu yang mustajab untuk berdoa. Dengan fakta tersebut, Anda bisa memanfaatkan waktu ini untuk memanjatkan semua doa baik yang diinginkan. Jadi, setelah adzan Maghrib berkumandang, jangan kemudian buru-buru untuk memakan makanan berat.

Namun, setelah meminum seteguk air luangkan sedikit waktu untuk berdoa kepada Allah SWT. Selain itu, berdoa setelah berbuka juga bisa menjadi wujud syukur kita atas nikmat kepada Allah dan untuk memohon rahmat dari Allah SWT atas puasa Ramadhan yang sudah ditunaikan dalam sehari penuh.

3. Tadarus Al Qur’an

Tadarus Al Qur'an, Sumber: umroh.com
Tadarus Al Qur’an, Sumber: umroh.com

Bulan Ramadhan sering juga disebut sebagai bulan Al Qur’an. Sebab di bulan penuh kemulian ini lah petunjuk umat manusia mulai diwahyukan oleh Allah kepada Rasulullah melalui Malaikat Jibril. Dimana Al Qur’an hadir tidak hanya untuk dibaca tetapi juga untuk dipahami, disampaikan, diaplikasikan, dan diajarkan.

Selain itu, ketika membaca Al Qur’an juga terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan, diantaranya:

  • Membaca dengan hati yang ikhlas dan niat lurus yakni hanya karena Allah Lillahi Ta’ala
  • Dalam keadaan suci dari hadas kecil maupun besar
  • Memulai dengan ta’awudz, yakni doa meminta perlindungan kepada Allah dan dari hati yang keras
  • Membaca dengan tajwid yang benar dan tidak terburu-buru
  • Tidak lupa sujud tilawah ketika membaca ayat sajadah

4. Melakukan Ibadah Umroh

Ibadah lainnya yang bisa dilakukan saat bulan Ramadhan adalah ibadah Umroh. Dimana ibadah ini memiliki keutamaan yang istimewa bagi siapa saja yang menunaikannya. Apalagi di bulan Ramadhan semua amal kebaikan dilipatgandakan lalu digabungkan dengan ibadah Umroh yang juga mendatangkan banyak pahala.

Tentu Umroh saat Ramadhan menjadi kombinasi sempurna bagi Anda yang mengharapkan pahala yang melimpah. Melakukan ibadah Umroh ketika Ramadhan juga memungkinkan Anda mendapatkan keistimewaan dan suasana baru yang mungkin tidak didapatkan ketika Umroh di bulan selain Ramadhan.

5. Shalat Berjamaah

Shalat berjamaah adalah shalat yang dilakukan bersama-sama oleh dua orang atau lebih. Ibadah ini memiliki keutamaan besar terutama saat bulan Ramadhan. Dimana keutamaan shalat berjamaah jauh lebih tinggi dibandingkan dengan shalat yang dilakukan secara individu.

Sebagaimana yang disabdakan oleh Rasulullah dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim, bahwa: “Shalat berjamaah lebih utama daripada shalat sendirian dengan 27 kali lipat pahala.” 

Apabila pada bulan biasanya saja keutamaan shalat berjamaah lebih utama daripada 27 kali lipat pahala, bagaimana jika dilakukan saat bulan Ramadhan? Tentu saja keutamaannya akan lebih tinggi lagi.

6. Shalat Tarawih

Melaksanakan sholat tarawih, Sumber: madaninews.id
Melaksanakan sholat tarawih, Sumber: madaninews.id

Selanjutnya adalah shalat malam yang hanya bisa dilaksanakan selama bulan Ramadhan, ya shalat tarawih. Keutamaan shalat tarawih adalah setara dengan pahala shalat semalam penuh bagi siapapun yang menunaikannya secara berjamaah.

Oleh karena itu, selama kita mampu menunaikannya dan tidak sedang dalam kondisi yang menghalangi untuk menunaikannya seperti haid atau nifas, akan lebih baik jika tidak melewatkan kesempatan melakukan shalat sunnah penuh keistimewaan ini.

7. Sedekah

Bulan Ramadhan adalah saat yang tepat untuk memperbanyak amalan sedekah. Sebagaimana yang sudah disabdakan oleh Rasulullah SAW dalam hadits riwayat at-Tirmidzi dari Anas, “Seutama-utamanya sedekah adalah sedekah di bulan Ramadhan”.

Dengan hati yang ikhlas dan niat yang lurus, ibadah yang dilakukan saat Ramadhan ini mampu menjadi wujud syukur atas harta yang telah diberikan oleh Allah SWT. Serta tentunya kita bisa semakin mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Demikianlah informasi mengenai daftar ibadah yang bisa dimaksimalkan selama bulan Ramadhan. Selain ibadah, ketika membicarakan mengenai Ramadhan maka tak bisa untuk tidak membicarakan tentang kurma. Karena kurma seringkali menjadi buah pilihan yang dikonsumsi ketika buka puasa.

Untuk mendapatkan berbagai jenis kurma Anda tidak perlu pergi jauh-jauh ke Arab. Sebab, di Luthfi Sajadah yang merupakan pusat oleh-oleh haji Jogja Anda bisa menemukan beragam jenis kurma yang bisa dipesan kapan saja. Jadi, jangan ragu untuk memesannya sekarang juga untuk kudapan buka puasa bersama keluarga!