+62 856-4370-6002 luthfi.sajadah@gmail.com
Select Page

Manfaat dari Kacang Almond – Kacang almond merupakan salah satu oleh-oleh khas Arab yang biasa disajikan pada saat seseorang pulang Haji atau Umroh. Bahkan tidak perlu menunggu seseorang pergi Haji atau Umroh dulu baru mengonsumsinya. Banyak orang yang mengonsumsi kacang almond ini untuk sehari-hari karena khasiat baik yang dimilikinya.

Perlu Anda ketahui bahwa di dalam kacang almond mengandung berbagi nutrisi yang baik bagi kesehatan tubuh. Dilansir dari laman Alodokter, setiap 100 gram kacang almond panggang mengandung berbagai nutrisi yang meliputi berikut ini:

  • Protein sebanyak 20 gram
  • Karbohidrat sebanyak 16 gram
  • Serat sebanyak 11 gram
  • Magnesium sebanyak 258 miligram
  • Fosfor sebanyak 456 miligram
  • Kalium sebanyak 684 miligram
  • Vitamin E sebanyak 19 miligram

Selain berbagai nutrisi di atas, kacang almond memiliki kandungan lemak sehat dan juga antioksidan. Sehingga tidak heran bahwa banyak manfaat dari kacang almond yang akan Anda rasakan apabila mengonsumsinya secara teratur. Untuk membeli kacang almond ini Anda bisa mendapatkannya di toko oleh-oleh Haji dan Umroh. Jadi tidak perlu pada saat musim Haji Anda baru bisa menikmati kelezatan dari kacang almond ini ya.

Manfaat dari kacang almond, Sumber: sehatq.com
Manfaat dari kacang almond, Sumber: sehatq.com

Di dalam toko oleh-oleh Haji tersebut tidak hanya menyediakan berbagai camilan saja ya, namun juga berbagai perlengkapan untuk ibadah Haji ataupun Umroh. Misalnya saja di Luthfi Sajadah, di toko ini Anda bisa membeli berbagai kebutuhan selama di tanah suci.

Luthfi Sajadah merupakan toko oleh-oleh Haji Jogja yang siap melayani berbagai kebutuhan Haji dan Umroh Anda. Mulai dari berbagai perlengkapan yang dibawa ke tanah suci, oleh-oleh khas Arab, hingga berbagai kebutuhan muslim dan muslimah lainnya juga ada. Jadi berbelanja di Luthfi Sajadah sudah paket komplit, karena tidak perlu bingung-bingung lagi untuk mempersiapkan kebutuhan Haji dan Umroh.

Manfaat Kacang Almond untuk Kesehatan

Jika dilihat dari kandungan nutrisi yang terdapat pada kacang almond, maka tidak heran jika kacang almond ini memiliki banyak manfaat baik bagi kesehatan tubuh. Seperti yang telah kita tau, sesuatu hal yang berlebihan itu tidak baik. Jadi meskipun bagus bagi kesehatan, tetap jangan berlebihan ya dalam mengonsumsi kacang almond ini. Berikut beberapa manfaat dari kacang almond yang bisa Anda dapatkan.

1. Manfaat Kacang Almond untuk Diet

Mengonsumsi kacang almond dapat membantu menurunkan berat badan, jadi cocok untuk Anda yang sedang berdiet ya. Kandungan serat yang ada di dalam kacang almond dapat membuat perut Anda merasa kenyang lebih lama. Sehingga Anda tidak akan cepat lapar, dan lama-kelamaan berat badan Anda ikut turun.

Baca juga: Oleh-oleh Haji Habbatussauda yang Banyak Khasiatnya

Meskipun dapat membantu menurunkan berat badan, bukan berarti Anda hanya makan kacang almond saja ya. Supaya diet Anda lebih sehat, perlu diimbangi juga dengan pengaturan pola makan yang sehat dan gizi seimbang. Tidak lupa juga untuk melakukan olahraga secara rutin ya seperti pola hidup sehat ala Rasulullah.

Kacang almond membantu menurunkan berat badan, Sumber: timesindonesia.co.id
Kacang almond membantu menurunkan berat badan, Sumber: timesindonesia.co.id

2. Membantu Menstabilkan Tekanan Darah

Manfaat dari kacang almond selanjutnya ialah membantu menstabilkan tekanan darah dalam tubuh. Hal ini dipengaruhi oleh kandungan magnesium yang terkandung dalam almond cukup tinggi. Sehingga dapat membantu menurunkan tekanan darah bagi penderita hipertensi.

Almond membantu menurunkan tekanan darah, Sumber: food.detik.com
Almond membantu menurunkan tekanan darah, Sumber: food.detik.com

3. Hormon Testosteron Meningkat

Salah satu manfaat kacang almond untuk pria ialah membantu meningkatkan hormon testosteron dalam tubuh. Untuk pria yang sudah memasuki usia 30 tahun ke atas, akan memiliki risiko penurunan produksi hormon testosteron dalam tubuh.

Jadi sebagai solusinya, pria perlu mengonsumsi makanan yang mengandung protein tinggi dan rendah lemak. Salah satunya ialah dengan mengonsumsi kacang almond tersebut. Selain itu di dalam kacang almond juga terdapat kandungan vitamin E hingga kalium yang penting untuk memproduksi hormon testosteron.

Ilustrasi hormon testosteron, Sumber: tirto.id
Ilustrasi hormon testosteron, Sumber: tirto.id

4. Membantu Meningkatkan Kesuburan Wanita

Manfaat kacang almond untuk wanita salah satunya ialah membantu meningkatkan kesuburan. Dilansir dari laman website Nutify, kacang almond kaya dengan lemak tak jenuh tunggal ini dapat meningkatkan kesehatan sistem reproduksi.

Baca juga: Informasi Menarik Seputar Berbagai Jenis Kurma

Hal tersebut juga dibantu dengan adanya kandungan vitamin E di dalamnya. Vitamin E ini dapat membantu mengatur produksi lendir serviks yang penting untuk pembuahan, sehingga dapat mendukung sperma hidup selama beberapa hari.

Kacang almond membantu meningkatkan kesuburan wanita, Sumber: halodoc.com
Kacang almond membantu meningkatkan kesuburan wanita, Sumber: halodoc.com

5. Membantu Menurunkan Kolesterol

Manfaat dari kacang almond selanjutnya ialah membantu menurunkan kolesterol. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kacang almond dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh. Apabila kadar kolesterol jahat menumpuk di dalam tubuh, bisa menjadi faktor risiko penyakit jantung.

Oleh sebab itu, secara tidak langsung kacang almond ini juga membantu meminimalisir Anda terkena penyakit jantung. Dengan menurunkan kolesterol jahat dan membantu menjaga kolesterol baik yang dibutuhkan oleh tubuh.

Ilustrasi kolesterol, Sumber: lifestyle.bisnis.com
Ilustrasi kolesterol, Sumber: lifestyle.bisnis.com

Cara Mengkonsumsi Kacang Almond

Sebelum mengkonsumsi kacang almond, disarankan untuk merendamnya di dalam air terleboh dahulu. Durasi perendaman kacang almond sekitar 7 hingga 8 jam, setelah perendaman selesai Anda bisa mengupas kulitnya. Perlu Anda ketahui bahwa di dalam kulit almond mengandung tannin yang dapat menghambat penyerapan nutrisi. Sehingga lebih baik mengupas kulit kacang almond sebelum dikonsumsi.

Setelah itu bisa Anda konsumsi secara langsung maupun dicampurkan ke berbagai olahan manis ataupun gurih. Selain itu perlu Anda ketahui bahwa waktu terbaik makan kacang almond ialah di pagi hari. Hal ini dikarenakan, kacang almond mengandung banyak nutrisi sehat yang bagus untuk tubuh ketika memulai aktivitas pada hari tersebut.

Baca juga: Berbagai Oleh-oleh Haji yang Sering Diincar dan Harganya

Sekian informasi yang kami sampaikan mengenai manfaat dari kacang almond, selain beberapa manfaat di atas masih banyak lagi manfaat baik kacang almond. Bagi Anda yang membutuhkan berbagai perlengkapan untuk ibadah Haji dan Umroh ataupun berbagai camilan khas oleh-oleh Haji, bisa membelinya langsung di Luthfi Sajadah. Jangan lupa ikuti berbagai informasi menarik lainnya seputar Haji dan Umroh hanya di laman website Luthfi Sajadah.