+62 856-4370-6002 luthfi.sajadah@gmail.com
Select Page

Manfaat Qusthul Hindi – Sejak pandemi melanda dunia dan juga Indonesia, banyak sekali kabar mengenai obat atau produk yang disebut bisa menyembuhkan Covid-19, termasuk obat herbal yang bernama Qusthul Hindi.

Meski begitu, sampai sekarang belum terbukti secara ilmiah kalau ada obat herbal yang benar-benar bisa menyembuhkan. Tapi ternyata ada banyak sekali manfaat kesehatan dari mengkonsumsi qusthul hindi.

Banyak orang mencari penangkal maupun obat Covid-19. Ada yang menggunakan ivermectin yang kini masih menjadi kontroversi karena dalam tahap uji klinis, ada juga yang mencari bahan-bahan alami atau biasa disebut dengan herbal atau jamu.

Salah satu ramuan tradisional yang mengemuka dan diklaim mampu mengatasi Covid-19 adalah Qusthul Hindi. Bagi Anda yang belum pernah mendengarnya, yuk simak ulasan mengenai herbal satu ini.

Mengenal Qusthul Hindi

Ilustrasi Qusthul Hindi
Ilustrasi Qusthul Hindi, Sumber : GSI Lab

Qusthul hindi adalah tanaman yang berasal dari India dan memang banyak digunakan dalam pengobatan tradisional. Nama ilmiah qusthul hindi adalah Saussurea costus atau ekstraknya dikenal juga dengan nama minyak atsiri.

Selain itu, qusthul hindi sering juga disebut sebagai kayu India yang dipercaya sudah dipakai untuk pengobatan tradisional sejak 2500 tahun lalu di berbagai negara Timur Tengah. Tanaman ini tidak lazim menjadi tanaman toga untuk keluarga di Indonesia.

Qusthul hindi sendiri tentu saja tidak dikonsumsi dalam bentuk utuhnya yang menyerupai kayu, tapi diekstraksi terlebih dahulu, bisa dengan dijadikan bubuk atau minyak. Saat dijadikan bubuk, qusthul hindi dijadikan minuman dan seringkali dicampur dengan berbagai bahan lain supaya rasanya lebih enak, misalnya susu. 

Meski banyak disebut sebagai obat yang bisa menyembuhkan Covid-19, tapi hal ini belum terbukti secara ilmiah. Penelitian dan efek qusthul hindi untuk menyembuhkan Covid-19 masih di tahap simulasi komputer, jadi belum dilakukan uji coba yang sesungguhnya.

Namun, penelitian tentang manfaat kesehatan qusthul hindi sudah banyak, jadi tidak salah kalau Anda juga mengkonsumsinya.

Baca juga : Khasiat Habbatussauda

Manfaat Qusthul Hindi

Ilustrasi Manfaat Qusthul Hindi
Ilustrasi Manfaat Qusthul Hindi, Sumber : Blibli

Salah satu manfaat terbesar dari qusthul hindi adalah bisa membantu menyembuhkan penyakit pernapasan, mungkin itu yang menjadikannya dianggap bisa mengobati Covid-19.

Qusthul hindi bekerja dengan memaksimalkan produksi antibodi di dalam tubuh, yang secara tidak langsung bisa meningkatkan imunitas. Saat hal itu terjadi, maka peradangan yang ada di saluran pernapasan seperti tenggorokan dan paru-paru bisa membaik. 

Tidak cuma itu aja, qusthul hindi juga disebut bisa mencegah tumbuhnya sel kanker jika dikonsumsi secara rutin. Obat herbal ini juga dipercaya baik untuk melindungi sistem pencernaan dan menyembuhkan asam lambung, bahkan mengatasi cacingan.

Bagi wanita, qusthul hindi diklaim bisa menjaga kesehatan rahim. Qusthul hindi ini punya rasa yang cukup pahit, jadi banyak orang yang kesulitan mengkonsumsinya. Tapi Anda diperbolehkan untuk mencampur qusthul hindi dengan berbagai bahan lain semisal madu. 

Saat ini qusthul hindi bisa dengan mudah didapatkan di berbagai toko obat herbal, baik secara online maupun offline. Ada yang dijual dalam bentuk serbuk siap minum dan tinggal diseduh air panas, ada juga yang berisi kapsul dan langsung dapat dikonsumsi.

Untuk jenis serbuk, setelah diseduh didiamkan dulu selama sekitar 30 menit dan jangan langsung diminum. Jika serbuk qusthul hindi sudah mengendap di dasar gelas, baru boleh diminum. 

Yang perlu diperhatikan, qusthul hindi ini sebaiknya tidak dikonsumsi oleh ibu hamil dan menyusui. Dua kondisi ini butuh perhatian lebih karena nutrisi yang dikonsumsi ibu juga akan masuk ke janin atau bayi yang masih sangat sensitif dengan berbagai obat herbal.

Ketua Umum Perkumpulan Dokter Pengembang Obat Tradisional dan Jamu Indonesia mengatakan obat herbal atau jamu boleh saja digunakan oleh pasien Covid-19 tanpa gejala maupun bergejala ringan selama menjalani isolasi mandiri. Dalam mengkonsumsinya dapat diselingi dengan obat medis.

Mengutip Jurnal International Immunopharmacology pada Juli 2012, Qusthul Hindi mengandung senyawa aroma terpene yang dapat mengurangi rasa sakit dan peradangan dengan menekan enzim siklooksigenase (COX). Enzim yang sama seperti target obat antiinflamasi nonsteroid seperti Advil (ibuprofen) dan Aleve (naproxen).

Qusthul Hindi boleh saja dikonsumsi untuk pengobatan. Tetapi ini bukan untuk pencegahan. Qusthul Hindi dapat dikonsumsi tiga kali sehari dan bermanfaat mengurangi demam, batuk, sakit tenggorokan. Pasien Covid-19 dapat minum Qusthul Hindi bubuk dengan melarutkannya dengan air.

Takarannya setengah sampai satu sendok teh dan biarkan hingga mengendap. Yang diminum adalah air bagian atas, bukan endapannya. Apabila air Qusthul Hindi ini terlalu pahit, dapat menambahkan madu ke dalamnya.

Mengobati Asam Lambung?

Ilustrasi Asam Lambung
Ilustrasi Asam Lambung, Sumber : sulawesion.com

Quds al hindi (qusthul hindi) adalah batang hitam yang berasal dari tanaman Costus di India. Quds al hindi ini dilansir mampu mengatasi berbagai penyakit, termasuk menetralisir asam lambung pada penderita dispepsia (penyakit asam lambung).

Jika Anda tidak alergi terhadap batang ini dan tidak muncul juga efek samping berat seusai mengkonsumsinya, sejatinya tidak masalah jika Anda ingin mencoba mengkonsumsinya guna meredakan penyakit Anda.

Menurut beberapa sumber, serbuk quds al hindi bisa diseduh dengan air panas atau mendidih, lantas ditunggu dulu hingga ampasnya turun, baru dikonsumsi. Agar rasanya lebih enak, bisa juga Anda menambahkan dulu susu atau madu pada minuman ini.

Hanya saja, perlu dipahami, bahwa hingga kini, masih sangat terbatas penelitian yang tersedia mengenai manfaat quds al hindi ini bagi kesehatan. Jika pun ada, belum jelas juga apakah manfaat ini murni muncul karena quds al hindi-nya atau karena sebab lain.

Pada orang yang sensitif, konsumsi quds al hindi bisa malah memicu peningkatan asam lambung, hingga efek samping lain yang lebih serius, seperti alergi, iritasi pencernaan, dan sebagainya. Jadi, lebih aman jika Anda berhati-hati dan berkonsultasilah dulu ke dokter sebelum mengkonsumsi minuman ini.

Demikianlah ulasan mengenai beberapa manfaat qusthul hindi yang perlu Anda ketahui. Anda tidak perlu jauh-jauh ke India untuk mendapatkan qusthul hindi. Anda bisa mendapatkan berbagai jenis produk qusthul hindi di Toko Herbal yang ada di Indonesia.

Bagi Anda yang ingin mengembangkan pemasaran bisnis termasuk produk herbal melalui dunia digital, Anda bisa menggunakan jasa website untuk memperluas jangkauan pasar Anda. Semoga informasi ini bermanfaat.