+62 856-4370-6002 luthfi.sajadah@gmail.com
Select Page

Apakah Anda termasuk salah satu orang yang beruntung mendapat kesempatan umroh ke tanah suci? Umroh merupakan kegiatan ibadah di tanah suci yang diimpikan oleh setiap kaum muslim. Selain ibadah haji, ibadah umroh ini juga banyak peminatnya. Salah satu waktu yang digunakan untuk ibadah umroh ialah pada saat bulan Ramadhan.

Bulan suci Ramadhan merupakan salah satu waktu terbaik umroh. Jadi tidak heran jika banyak orang yang datang mengunjungi tanah suci ketika bulan Ramadhan tiba. Bukan tanpa alasan, umroh saat bulan puasa memiliki keistimewaan tersendiri. 

Pada saat Anda melakukan perjalanan umroh, pastikan bahwa Anda telah mempersiapkan segala kebutuhan selama disana. Anda juga bisa menggunakan aplikasi umroh untuk melakukan pembayaran perihal transaksi umroh tersebut. Jadi Anda tidak perlu ribet mengenai pembayaran umroh kepada agen umroh Anda. 

Menjalankan ibadah umroh saat bulan Ramadhan, Sumber: islampos.com
Menjalankan ibadah umroh saat bulan Ramadhan, Sumber: islampos.com

Keistimewaan Umroh di Bulan Ramadhan

Berbeda dengan ibadah haji yang sudah ditentukan waktunya, ibadah umroh bisa dilakukan kapan saja. Namun umroh yang dilakukan pada saat bulan suci Ramadhan memiliki banyak keistimewaan yang bisa Anda dapatkan. 

Terdapat hadits umroh Ramadhan yang diriwayatkan oleh Ibnu Abbas, dari Rasulullah SAW bersabda: “Sesungguhnya umrah di bulan Ramadhan seperti berhaji bersamaku.” (HR. Imam Bukhari).

Jika berangkat umroh di hari-hari biasa, Anda bisa menghabiskan waktu di tanah suci sekitar 9-13 hari. Namun jika pada bulan suci, Anda bisa saja menghabiskan waktu umroh satu bulan. Namun waktu tersebut juga tergantung dari paket yang Anda pilih.

Baiklah, tidak perlu lama-lama lagi. Berikut beberapa keistimewaan yang Anda dapatkan apabila melakukan ibadah umroh di bulan Ramadhan.

1. Mendapatkan Pahala yang Melimpah

Seperti yang telah Anda ketahui bahwa bulan Ramadhan merupakan salah satu bulan yang dilipatgandakan pahalanya. Mengenai kebaikan yang dilipatgandakan pada bulan Ramadhan tersebut juga tertuang di dalam sebuah hadits yang artinya:

“Setiap amalan kebaikan yang dilakukan oleh manusia akan dilipatgandakan dengan sepuluh kebaikan yang semisal hingga tujuh ratus kali lipat. Allah SWT berfirman (yang artinya) “Kecuali amalan puasa. Amalan puasa tersebut adalah untuk-Ku. Aku sendiri yang akan membalasnya. Disebabkan dia telah meninggalkan syahwat dan makanan karena-Ku”.” (HR. Muslim).

Kemudian di satu sisi melakukan ibadah umroh juga mendatangkan banyak pahala. Jika digabungkan maka Anda akan mendapatkan pahala yang berlimpah bukan? Jadi ketika Anda melakukan ibadah umroh saat bulan puasa, maka kegiatan baik yang Anda kerjakan akan dilipatgandakan pahalanya.

Mendapatkan pahala yang melimpah, Sumber: titiknol.co.id
Mendapatkan pahala yang melimpah, Sumber: titiknol.co.id

2. Biaya yang Dikeluarkan Dihitung sebagai Amal Fi Sabilillah

Biaya yang Anda keluarkan untuk ibadah umroh saat bulan Ramadhan dengan hari-hari biasa memang berbeda. Anda akan mengeluarkan lebih banyak biaya ketika berangkat pada bulan suci ini. Namun biaya yang Anda keluarkan tersebut akan dihitung sebagai amal fi sabilillah.

Maksudnya adalah seluruh biaya yang Anda keluarkan saat ibadah umroh tersebut akan diganti oleh Allah dengan yang lebih baik lagi. Jadi ketika Anda ikhlas mengeluarkan biaya besar untuk beribadah kepada Allah melalui umroh, maka Allah akan menggantinya dengan sesuatu hal yang baik. 

Biaya yang dikeluarkan dihitung sebagai amal fi sabilillah, Sumber: ajaib.co.id
Biaya yang dikeluarkan dihitung sebagai amal fi sabilillah, Sumber: ajaib.co.id

3. Mendatangkan Rezeki

Meskipun biaya yang dikeluarkan untuk ibadah umroh tidak sedikit, namun Allah tidak membuat jamaah menjadi miskin. Namun sebaliknya, Allah akan mendatangkan banyak rezeki bagi umatnya yang mengeluarkan uang untuk ibadah umroh. Hal tersebut juga tertuang dalam salah satu hadits yang berbunyi:

“Sering-seringlah melakukan haji dan umrah. Sesungguhnya kedua ibadah tersebut dapat menghilangkan kefakiran atau kemiskinan dan juga dosa-dosa. Sebagaimana seorang pandai besi menghilangkan karat besi, emas, dan juga perak.” (HR. Tirmidzi).

Ilustrasi mendapatkan rezeki, Sumber: republika.co.id
Ilustrasi mendapatkan rezeki, Sumber: republika.co.id

4. Dikabulkan Doa yang Dipanjatkan

Ada salah satu hadits yang tertulis dalam HR An Nasai dan Ibnu Majah, “Jamaah haji dan juga umrah adalah delegasi dari Allah. Apabila mereka berdoa, maka Allah akan mengabulkannya. Dan apabila mereka minta ampun, Allah akan memberikan ampun-Nya.”

Jadi ketika Anda memiliki sebuah hajat, maka berdoalah saat berada di tanah suci. Karena jamaah yang datang ke tanah suci untuk melakukan ibadah haji ataupun umroh dianggap sebagai tamu Allah. Sehingga apapun doa atau keinginan baik mereka akan dikabulkan oleh Allah.

Dikabulkannya doa-doa yang dipanjatkan, Sumber: muslim.or.id
Dikabulkannya doa-doa yang dipanjatkan, Sumber: muslim.or.id

Tips Umroh saat Bulan Ramadhan

Melakukan ibadah umroh saat bulan puasa tentu saja berbeda dengan hari-hari biasa. Salah satu hal yang perlu Anda perhatikan ialah masalah stamina tubuh. Ketika puasa, Anda tidak akan minum ataupun makan. Jadi Anda perlu menjaga stamina Anda agar tetap fit melakukan ibadah umroh, meskipun sedang menjalankan ibadah puasa.

Berikut beberapa tips yang bisa Anda ikuti jika melakukan ibadah umroh saat bulan puasa:

  • Atur waktu umroh menjadi malam hari. Perlu Anda ketahui bahwa suhu pada siang hari di tanah suci sangat panas. Jadi Anda bisa mengatur waktu umroh menjadi malam hari. Sehingga ketika Anda sedang melakukan ibadah umroh dan merasa haus, Anda bisa minum.
  • Istirahat di siang hari. Jika Anda telah mengatur waktu umroh menjadi malam hari, maka gunakanlah waktu siang untuk beristirahat. Dengan istirahat yang cukup, tubuh Anda menjadi lebih bugar. Jangan lupa saat malam hari Anda juga perlu mengonsumsi makanan yang sehat. 
  • Siapkan fisik dan mental. Persiapan umroh yang satu ini perlu Anda lakukan jauh-jauh hari sebelum berangkat. Apalagi jika Anda melakukan umroh saat bulan puasa, maka wajib untuk mempersiapkan kondisi fisik dan mental Anda.
  • Banyak minum air putih. Karena cuaca siang hari di tanah suci sangat panas dan Anda tidak bisa minum di siang hari, maka perbanyaklah minum di malam hari. Hal ini bertujuan agar Anda terhindar dari dehidrasi.

Itulah tadi informasi mengenai umroh di bulan puasa yang dapat Luthfi Sajadah sampaikan. Untuk berbagai perlengkapan haji dan umroh, Anda bisa mempersiapkannya bersama kami. Luthfi Sajadah siap menjadi partner terbaik Anda dalam mempersiapkan perlengkapan ibadah ke tanah suci.