+62 856-4370-6002 luthfi.sajadah@gmail.com
Select Page

Kurma Tunisia adalah salah satu jenis kurma yang tidak terlalu manis, bentuknya lebih kecil dari jenis kurma pada umumnya serta memiliki warna yang coklat kehitaman. Kurma jenis ini memiliki tekstur yang lembut dan rasanya mirip seperti rasa madu. Kurma Tunisia memiliki berbagai manfaat dengan kandungan vitamin dan mineral yang tinggi yang baik untuk kesehatan.

Buah kurma umumnya identik dengan bulan ramadhan dan ibadah puasa. Namun demikian, dengan kandungan nutrisi dan manfaatnya yang banyak, buah satu ini sangat disarankan untuk rutin dikonsumsi setiap hari, baik untuk upaya pengobatan maupun untuk langkah kuratif mencegah berbagai penyakit. Nutrisi yang bisa Anda dapatkan pada 100 gr kurma adalah:

  • 2-2,5 gram protein,
  • 75 gram karbohidrat,
  • 65 gram gula,
  • 7-8 gram serat,
  • 7–8 gram serat,
  • 65 milligram kalium,
  • 1 milligram zat besi,
  • 0,5 milligram zinc dan
  • 150 IU vitamin A.

Selain berbagai kandungan nutrisi yang banyak tersebut, pada buah kurma juga terdapat kandungan folat, vitamin B, vitamin K, mangan dan beragam jenis antioksidan termasuk lutein dan kandungan flavonoid.

Manfaat Rutin Konsumsi Kurma Tunisia

Setelah mengetahui kandungan yang ada dalam buah kurma Tunisia di atas, di bawah ini kami berikan berbagai manfaat kurma yang akan Anda dapatkan ketika rutin mengkonsumsi buah satu ini, di antara manfaatnya adalah:

Sumber Kalori dan Gizi

Kandungan kalori pada buah kurma ternyata lebih tinggi daripada buah kering lain seperti buah ara ataupun buah kismis. Kalori pada kurma berasal dari karbohidrat dan sebagian lagi berasa dari protein. Selain itu, kurma juga memiliki kandungan mineral dan vitamin yang baik untuk kesehatan tubuh.

Gambar kurma, sumber: pixabay.com
Gambar kurma, sumber: pixabay.com

Menjaga Sistem Pencernaan

Manfaat selanjutnya dari buah kurma adalah bisa melancarkan sistem pencernaan. Hal tersebut disebabkan karena kurma mengandung serat. Kandungan serat inilah yang bisa mencegah terjadinya konstipasi dan membuat gerakan usus besar lebih teratur, terlebih untuk pembentukan feses.

Baik untuk Kesehatan Tulang

Mineral yang dimiliki buah kurma, termasuk kalium, kalsium magnesium dan fosfor berfungsi sebagai zat penjaga kesehatan dan kekuatan tulang. Jadi, dengan terpenuhinya nutrisi-nutrisi tersebut dengan mengonsumsi kurma, maka Anda bisa terhindar dari masalah osteoporosis.

Terhindar dari Penyakit Kronis

Mengkonsumsi kurma secara rutin juga diyakini bisa mencegah beberapa penyakit kronis seperti penyakit gangguan jantung, penyakit kanker, diabetes dan Alzheimer. Kemampuan kurma untuk membuat Anda terhindar dari penyakit kronis tersebut disebabkan oleh kandungan antioksidan yang tinggi pada kurma.

Pengganti Gula

Manfaat kurma selanjutnya untuk kesehatan adalah sebagai pengganti gula. Hal tersebut disebabkan buah ini mempunyai rasa manis, kandungan antioksidan yang tinggi juga bisa menjadi nilai tambah yang bisa Anda dapatkan dari buah ini. Jadi, untuk Anda yang tidak bisa mengkonsumsi gula, maka buah ini bisa menjadi alternatifnya.

Menjaga Kesehatan Otak

Berdasarkan laporan healthline, kurma juga bermanfaat dalam meningkatkan fungsi atau kerja otak. Pada studi laboratorium menemukan kurma bermanfaat untuk menurunkan penanda inflamasi di otak dan menurunkan risiko terkena Alzheimer dan sejenisnya.

Kurma baik untuk otak, sumber: pixabay.com
Kandungan kurma tunisia baik untuk otak, sumber: google.com

Mengembalikan Elektrolit yang Hilang

Dengan kandungan potasium yang ada di dalamnya, kurma bermanfaat untuk mengembalikan elektrolit tubuh yang hilang. Sebab, potassium adalah salah satu unsur elektrolit yang dibutuhkan tubuh untuk membangun otot dan menguatkan tubuh.

Mencegah Peradangan

Peradangan adalah respons perlindungan normal tubuh terhadap cedera yang terjadi saat infeksi bakteri dan virus. Dengan rutin mengkonsumsi kurma Tunisia Anda bisa terhindar dari resiko terkena peradangan, karena kandungan polifenol yang tinggi di dalam buah ini lebih tinggi dari buah lainnya.

Mencegah Anemia

Salah satu tips untuk mencegah anemia adalah dengan memperbanyak konsumsi makanan yang mengandung zat besi. Nah, buah kurma adalah salah satu buah yang mengandung zat besi yang cukup tinggi. Dengan mengkonsumsi kurma, produksi sel darah merah Anda akan meningkat dan bisa mencegah anemia.

Baik untuk Kulit

Apabila Anda memiliki masalah dengan kulit, manfaat kurma satu ini bisa membantu Anda dalam mengatasi masalah tersebut dalam jangka panjang. Lebih dari itu, kurma juga bermanfaat untuk mencegah penuaan dini dan akumulasi melanin yang membuat kulit terlihat gelap.

Menjaga Kesehatan Lambung

Selain banyak manfaat di atas, kurma juga berfungsi untuk menjaga kesehatan lambung yang biasa dikombinasikan dengan makanan sehat lain seperti alpukat, jagung manis, kedelai dan sebagainya. Bahkan, untuk Anda yang sedang menderita asam lambung, dokter akan menyarankan untuk mengkonsumsi buah satu ini.

Sumber Energi

Kebutuhan nutrisi harian tubuh kita sangat banyak, terlebih lagi apabila yang memiliki banyak aktivitas atau pada saat puasa. Salah satu cara untuk mencukupi asupan nutrisi selain mengkonsumsi makanan bergizi adalah dengan rutin mengkonsumsi buah kurma.

Menjaga Kekebalan Tubuh

Kurma juga ternyata bisa membantu menjaga sistem kekebalan tubuh. Hal ini dikarenakan kurma mengandung senyawa antioksidan yang tinggi sehingga bisa mencegah peradangan dan menjaga imun tubuh.

Selain kandungan antioksidan, manfaat kurma juga bisa melindungi tubuh Anda dari efek radikal bebas yang berasal dari sinar matahari, asap rokok dan infeksi. Dengan tercegahnya paparan radikal bebas, maka tubuh Anda akan terlindungi dari efek penuaan, kerusakan sel, penyakit kanker dan penyakit lainnya.

Meningkatkan imunitas, sumber: pixabay.com
Meningkatkan imunitas, sumber: pixabay.com

Memperlancar Persalinan Normal

Manfaat kurma satu ini pasti sangat disukai oleh ibu hamil. Apabila Anda mengkonsumsi tiap hari selama beberapa minggu terakhir sebelum waktu persalinan, akan bisa membantu memperlancar proses persalinan.

Hasil yang dirasakan adalah leher rahim akan melebar, sehingga induksi tidak perlu dilakukan lagi. Bahkan, dengan rutin mengkonsumsi kurma setiap hari sebelum melahirkan, akan bisa mengurangi waktu persalinan atau proses melahirkan lebih cepat.

Alternatif Menu Diet

Kurma bisa dikonsumsi langsung ataupun dikombinasikan dengan berbagai makanan sehat lainnya, seperti keju, kacang almond, smoothies, oatmeal atau bisa juga Anda kombinasikan sebagai bahan pembuatan biskuit. Intinya, buah ini sangat cocok untuk Anda yang sedang melakukan program diet. Sekarang ini ada banyak toko oleh oleh haji yang menjual buah ini, jadi Anda bisa mendapatkannya dengan mudah.

Bagus untuk Program Hamil

Tidak hanya untuk melancarkan persalinan normal, buah kurma juga sangat disukai oleh pasangan suami istri karena manfaatnya yang bisa meningkatkan kesuburan dan bagus untuk program hamil. Sebab, kurma mengandung asam amino dan seng yang bagus untuk proses kehamilan.

Di daerah timur tengah sana, serbuk sari kurma atau date palm pollen dimanfaatkan sebagai obat untuk mengatasi masalah ketidaksuburan, khususnya pada pria. Serbuk dan biji juga mempunyai senyawa yang bagus untuk meningkatkan hormon reproduksi baik ada pria maupun wanita.

Nah itulah beberapa manfaat dari buah kurma Tunisia yang bisa Anda dapatkan, semoga artikel ini menambah wawasan Anda. Kami juga merekomendasikan Anda untuk membaca artikel yang berjudul tips menyimpan kurma dan kunjungi website kami untuk artikel menarik lainnya.