+62 856-4370-6002 luthfi.sajadah@gmail.com

Bisa melakukan perjalanan umroh tentu menjadi kebahagiaan bagi semua umat muslim di dunia tanpa terkecuali. Bagi yang memiliki kesempatan untuk melaksanakannya, tentu akan merasakan pengalaman spiritual yang tak terlupakan. Karena saat ibadah umroh berlangsung, banyak kegiatan yang mampu membuat kita menjadi semakin dekat dengan Sang Pencipta. 

Namun sebelum itu, tentu saja persiapan ibadah umroh juga perlu disiapkan dengan matang pada jauh-jauh hari sebelum hari keberangkatan. Karena hal ini akan menjadi sangat penting guna membantu kelancaran ibadah umroh selama di tanah suci. Berbicara tentang umroh, banyak kegiatan yang bisa dilakukan selama ibadah berlangsung.

Dimana sepanjang waktu yang ada ketika perjalanan umroh, akan terasa sangat sia-sia jika tidak melakukan kegiatan yang mendatangkan Rahmat dari Allah ataupun kegiatan yang bermanfaat. Terlebih perjalanan ibadah ini adalah perjalanan yang diidam-idamkan. Tidak hanya bagi jamaah umroh melainkan juga bagi semua umat muslim. 

Kegiatan yang perlu dilakukan saat melaksanakan ibadah umroh, Sumber: muslimaid.org
Kegiatan yang perlu dilakukan saat melaksanakan ibadah umroh, Sumber: muslimaid.org

Apa Saja Kegiatan Saat Umroh?

Meskipun nantinya Anda berangkat menggunakan jasa travel yang pasti sudah menyiapkan seluruh jadwal kegiatan saat umroh. Namun, tidak ada salahnya apabila Anda juga membuat list kegiatan yang akan dilakukan disana nanti. Dengan demikian, Anda bisa memaksimalkan waktu selama di tanah suci. Lantas, apa saja kegiatan yang dilakukan saat ibadah umroh?

1. Melakukan Rukun Umroh

Kegiatan pertama dan kegiatan pokok dari ibadah umroh tentu saja adalah melakukan rukun ibadah umroh. Dimana rukun umroh mencakup berihram, tawaf, sa’i dan tahallul. Kunci diterimanya ibadah umroh adalah tata cara pelaksanaannya yang sesuai dengan syariat Islam. 

Juga dilakukan dengan niat yang lurus (yakni untuk meraih Ridha Allah). Oleh sebab itu, akan lebih baik jika Anda mempelajari tuntunan ibadah umroh terlebih dahulu sebelum berangkat menjalankan umroh. Karena dengan begitu, selama ibadah umroh berlangsung Anda tidak merasa kebingungan lagi bagaimana tata cara pelaksanaannya.

2. Sholat Fardhu di Masjidil Haram dan Masjid Nabawi

Melaksanakan sholat fardhu di Masjidil Haram dan Masjid Nabawi adalah kegiatan yang tidak boleh dilewatkan selama umroh. Karena sholat fardhu di kedua masjid megah tersebut memiliki nilai berbeda dengan sholat yang dilaksanakan di masjid tempat tinggal ataupun rumah sendiri.

Hal ini tertera di dalam Hadits, bahwa sholat fardhu di Masjidil Haram setara dengan 100.000 kali lipat pahalanya dibandingkan sholat di masjid lain. Sementara, sholat di Masjid Nabawi nilainya 1000 kali lipat jika dibandingkan dengan sholat di masjid lain kecuali Masjidil Haram. Jadi, jangan sampai melewatkan sholat fardhu di dua masjid penuh keberkahan ini.

Menjalankan sholat fardhu maupun sunnah di masjid-masjid yang dianjurkan, Sumber: news.okezone.com
Menjalankan sholat fardhu maupun sunnah di masjid-masjid yang dianjurkan, Sumber: news.okezone.com

3. Ibadah Sunnah di Masjidil Haram dan Masjid Nabawi

Kegiatan lainnya yang jangan sampai dilewatkan saat melakukan ibadah umroh adalah melaksanakan ibadah sunnah di dua masjid mulia. Mulai dari sholat tahajud, dhuha, hingga sholat tarawih jika melakukan umroh di bulan Ramadhan. Selain sholat sunnah, jamaah juga bisa memperbanyak dzikir dan membaca  Qur’an di Masjidil Haram dan Masjid Nabawi.

Jadi, ketika berada di dua masjid penuh kemuliaan ini, jangan lupa untuk mengisi waktu dengan semua ibadah sunnah yang sudah Rasulullah contohkan. Meski begitu, para jamaah juga harus memperhatikan kekuatan dan stamina. Jangan karena ingin memaksimalkan waktu di tanah suci, sampai melupakan makan, memperbanyak air putih, apalagi istirahat. 

Terutama bagi para jamaah wanita yang melaksanakan ibadah umroh saat hamil. Ibadah sunnah adalah hal yang mulia, tapi tetap harus memperhatikan kesehatan bayi dan juga ibunya.

4. Sholat Sunnah di Masjid Quba

Tak hanya di Masjidil Haram dan Masjid Nabawi, Masjid Quba juga menjadi salah satu masjid bersejarah dalam agama Islam. Bagaimana tidak? Masjid Quba adalah masjid pertama yang dibangun oleh Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi Wassalam setelah hijrah dari Mekah ke Madinah.

Menjalankan sholat sunnah di Masjid Quba dijanjikan pahala bagi mereka yang melakukannya. Hal ini tertera dalam Hadits Rasulullah bahwa siapapun yang mendatangi Masjid Quba kemudian melaksanakan sholat sunnah di dalamnya, maka dia akan mendapatkan pahala seperti pahala umroh.

5. Berdoa di Tempat-tempat Mustajab

Melakukan perjalanan umroh artinya Anda mendapatkan kesempatan untuk mendatangi tempat-tempat mustajab untuk berdoa. Seperti di Multazam, Muzdalifah, Mina. Raudah dan masih banyak lagi. Jadi, jangan sia-siakan kesempatan tersebut hanya untuk foto-foto atau bahkan kegiatan tak bermanfaat lainnya. Karena kita tidak tahu doa di lokasi mana yang akan diijabah.

Memperbanyak berdoa ketika sedang menjalankan umroh, Sumber: makkah-madinah.accor.com
Memperbanyak berdoa ketika sedang menjalankan umroh, Sumber: makkah-madinah.accor.com

6. Berziarah ke Makam Rasulullah 

Berziarah ke makam Rasulullah adalah kegiatan yang diperbolehkan saat melakukan ibadah umroh. Para jamaah boleh berziarah untuk mengucapkan salam kepada Rasulullah, dan  menjadi wasilah bahwa setiap individu pasti akan menghadapi kematian. Meski begitu, para jamaah harus memperhatikan adab dan meluruskan niat ketika melakukan kegiatan ini.  

Karena salah niat sedikit saja, kegiatan ini bisa mendatangkan dosa pada diri. Jadi, Anda bisa mempelajari terlebih dahulu mengenai kegiatan ziarah ke makam Rasulullah. Agar kegiatan berjalan lancar, dan niat tersampaikan sebagaimana mestinya.

7. Membeli Oleh-Oleh Umroh

Anda tidak bisa menafikan bahwa salah satu hal yang memperlancar ibadah umroh selama di tanah suci adalah doa dari kerabat, keluarga, dan teman di tanah air. Maka dari itu, ada baiknya jika membawakan oleh-oleh untuk kerabat. Sebagai tanda terimakasih atas doa yang dipanjatkan dan sebagai pemberi motivasi untuk segera melaksanakan ibadah mulia ini.

Itu dia beberapa kegiatan yang bisa dilakukan saat melakukan ibadah umroh. Dengan memaksimalkan waktu untuk menjalankan kegiatan-kegiatan bermanfaat tersebut, ibadah umroh yang dijalankan akan menjadi perjalanan spiritual yang membekas di hati. Namun, jika ingin lebih memaksimalkan waktu tanpa harus repot membeli oleh-oleh umroh disana. 

Anda bisa memesannya di Luthfi Sajadah. Kami merupakan penyedia oleh-oleh haji Jogja dan sekitarnya. Kami selalu menyediakan produk oleh-oleh yang berkualitas dan beragam. Jadi, Anda tak perlu khawatir jika produk yang diinginkan tidak ada di toko kami.