+62 856-4370-6002 luthfi.sajadah@gmail.com
Select Page

Jika akan melakukan ibadah umroh ke tanah suci, tentu saja Anda membutuhkan persiapan sebelum keberangkatannya. Sama halnya dengan ibadah haji, ibadah umroh ini juga memerlukan banyak persiapan yang tidak boleh disepelekan. Apalagi yang menyangkut kesehatan sebelum dan selama berada di tanah suci. Anda perlu mempersiapkannya jauh-jauh hari agar ibadah Anda lancar hingga kembali lagi ke tanah air.

Apabila dilihat dari proses hingga tata cara umroh, memang ibadah umroh ini tergolong lebih singkat dari ibadah haji. Namun dari segi persiapannya ibadah haji ataupun umroh itu sama. Apalagi saat ini berbagai negara di seluruh dunia masih mengalami pandemi covid-19. Jadi wajar saja jika persiapan yang dilakukan untuk umroh ini lebih maksimal, terlebih pada kondisi kesehatan pada masing-masing jemaah.

Persiapan Sebelum Berangkat Ibadah Umroh

Meskipun waktu keberangkatan Anda terbilang masih lama, namun mempersiapkan segala sesuatu yang berhubungan dengan ibadah umroh bukan hal yang salah. Ketika Anda telah mempersiapkan segala sesuatunya jauh-jauh hari, maka pada saat mendekati keberangkatan Anda sudah tidak perlu khawatir. Sehingga Anda bisa lebih rileks dan fokus untuk beribadah. Berikut berbagai persiapan yang perlu Anda lakukan sebelum berangkat umroh.

1. Pastikan Kondisi Kesehatan Baik

Persiapan umroh pertama kali yang perlu Anda perhatikan ialah kondisi kesehatan. Jauh-jauh hari persiapkan kondisi badan Anda agar lebih bugar dan sehat. Karena nantinya Anda akan menghadapi cuaca yang ekstrim ketika berada di tanah suci. Anda bisa mengikuti tips menjaga kesehatan ala Rasulullah agar kondisi Anda bisa fit dari berangkat hingga pulang lagi ke tanah air.

Selain mengatur pola makan yang sehat, Anda juga perlu mengimbanginya dengan rutin berolahraga. Saat ini sudah banyak yang menjual kostum olahraga untuk muslimah, jadi untuk wanita muslimah yang ingin olahraga di luar rumah bisa menggunakannya tanpa perlu khawatir lagi. Anda bisa berolahraga dengan nyaman namun aurat tetap terjaga, sehingga kualitas olahraga yang akan Anda dapatkan lebih maksimal.

Menjaga kesehatan sebelum umroh dengan berolahraga, Sumber: zurich.co.id
Menjaga kesehatan sebelum umroh dengan berolahraga, Sumber: zurich.co.id

2. Mempelajari Hal-Hal yang Berkaitan dengan Umroh

Persiapan sebelum menunaikan ibadah umroh berikutnya ialah membekali diri dengan pengetahuan seputar umroh. Pada saat ibadah umroh, nantinya akan ada berbagai persyaratan yang harus dipenuhi serta larangan-larangan yang harus Anda patuhi. Jadi penting untuk Anda mengetahui dan mempelajari berbagai hal yang berkaitan dengan umroh.

Hal tersebut juga termasuk tata cara pelaksanaan umroh, jadi penting untuk membekali diri Anda mengenai informasi seputar umroh. Cari tau berbagai hal yang termasuk bagian umroh, misalnya saja rukun umroh, tempat pelaksanaannya, dan informasi lainnya yang berkaitan langsung dengan ibadah umroh.

Mempelajari hal-hal yang berkaitan dengan ibadah umroh, Sumber: kreditpintar.com
Mempelajari hal-hal yang berkaitan dengan ibadah umroh, Sumber: kreditpintar.com

3. Mempersiapkan Perlengkapan yang Dibutuhkan saat Umroh

Pastikan Anda sudah menyiapkan apa saja perlengkapan yang Anda butuhkan selama ibadah umroh. Mulai dari baju ihram wanita ataupun pria hingga pakaian tidur. Salah satu perlengkapan umroh wanita yang tidak kalah penting ialah pembalut. Jadi pastikan Anda membawa pembalut untuk berjaga-jaga apabila pada saat umroh Anda datang bulan.

Selain itu berbagai perlengkapan tambahan seperti jaket, kaos kaki, sepatu, dan sandal juga perlu Anda persiapkan. Karena di tanah suci cuacanya cukup ekstrim jadi Anda butuh jaket untuk menghalau cuaca dingin di malam hari. Begitu juga dengan kaos kaki yang perlu Anda bawa saat ibadah umroh. Pilihlah sepatu dan sandal yang nyaman, mengingat nantinya Anda akan lebih sering berjalan kaki jadi perlu sandal dan sepatu yang nyaman dipakai.

Mempersiapkan perlengkapan umroh, Sumber: ihramalila.com
Mempersiapkan perlengkapan umroh, Sumber: ihramalila.com

4. Persiapkan Berbagai Dokumen Penting

Berhubung Anda berasal dari luar negara Arab Saudi, jadi Anda perlu melakukan persiapan akan dokumen-dokumen penting yang dibawa saat ibadah umroh. Beberapa diantaranya ialah paspor dan visa umroh sebagai dokumen wajib yang Anda gunakan untuk mengunjungi tanah suci. Untuk pembuatan visa umroh, nantinya Anda bisa dibantu oleh agen dari jasa travel yang Anda gunakan untuk melakukan ibadah umroh.

Visa umroh tersebut akan dibuat di Kedutaan Besar Arab Saudi. Untuk bisa mendapatkan visa umroh, ada berbagai dokumen penting yang harus Anda lengkapi agar Anda bisa mendapatkan visa umroh. Seperti yang telah disampaikan sebelumnya, Anda bisa meminta bantuan dari jasa travel Anda untuk menangani permasalah visa umroh jika Anda tidak paham mengenai pembuatannya.

Jika Anda menjalankan ibadah umroh di masa pandemi, maka nantinya ada dokumen tambahan yang perlu Anda urus dan persiapkan sebelum keberangkatan. Misalnya saja hasil pemeriksaan kesehatan di rumah sakit ataupun fasilitas kesehatan lainnya. Selain itu Anda juga perlu melakukan tes swab untuk memastikan Anda tidak terinveksi virus covid-19.

Mempersiapkan dokumen penting yang dibawa, Sumber: travel.kompas.com
Mempersiapkan dokumen penting yang dibawa, Sumber: travel.kompas.com

5. Melakukan Manasik Umroh

Persiapan ibadah umroh selanjutnya ialah melakukan manasih umroh. Biasanya agen travel haji dan umroh akan melaksanakan manasik umroh untuk para calon jemaah. Nantinya Anda akan melaksanakan tata cara dan urutan ibadah umroh sesuai dengan tuntunan Rasulullah SAW, mulai dari Ihram hingga Tahallul. Hal ini bertujuan untuk menghindari kesalahan-kesalahan yang terjadi ketika melaksanakan ibadah umroh di tanah suci.

Melakukan manasik umroh, Sumber: mafaza-online.com
Melakukan manasik umroh, Sumber: mafaza-online.com

Pulang umroh kurang afdol nih jika tidak membawakan oleh-oleh untuk sanak saudara yang ada di rumah. Anda bisa membeli berbagai souvenir dan makanan khas haji dan umroh di Luthfi Sajadah. Luthfi Sajadah ini merupakan toko oleh-oleh haji Jogja yang menyediakan berbagai souvenir haji dan umroh seperti kurma, zam-zam, kismis, kacang arab, simin, sajadah, gantungan kunci, teko, dan lain sebagainya.

Itulah tadi informasi mengenai berbagai persiapan yang harus Anda lakukan sebelum berangkat ibadah umroh. Pastikan kondisi kesehatan Anda sehat dan selalu mengikuti protokol kesehatan yang telah diterapkan. Jangan lupa untuk terus mengikuti berbagai informasi menarik lainnya seputar Haji dan Umroh, misalnya saja seperti tips menabung untuk umroh. Informasi tersebut bisa Anda dapatkan melalui laman website Luthfi Sajadah.