+62 856-4370-6002 luthfi.sajadah@gmail.com
Select Page

Tips Ibadah Umroh – Pelaksanaan ibadah umroh dari segi waktu lebih fleksibel daripada ibadah haji. Setiap tahunnya, jumlah jamaah umroh asal Indonesia merupakan yang terbesar dibanding negara lainnya. Ibadah umroh mempunyai keutamaan untuk memperoleh ampunan Allah Ta’ala dan menutupi (kafarat) kesalahan-kesalahan yang diperbuat

Selain itu, dengan berjiarah ke Tanah Suci seorang Muslim dapat memperbaharui dan meningkatkan iman. Adapun syarat wajib & syarat sah umroh tidak jauh berbeda dengan syarat wajib & syarat sah haji, yaitu: Muslim, baligh, berakal sehat, merdeka, dan istita’ah (mampu). Apabila tidak terpenuhi syarat-syarat tersebut, gugurlah kewajiban menunaikan umroh tersebut.

Berikut ini alur ibadah umroh yang perlu Anda jalankan.

Masjidil Haram, Sumber : NETRALNEWS
Masjidil Haram, Sumber : NETRALNEWS

1. Bersuci (Mandi dan Berwudhu)

2. Berpakaian Ihram

3. Shalat Sunnah Dua Rakaat

4. Niat dari Mikat dengan membaca : لَبَّيْكَ اللَّهُمَّ بِعُمْرَةِ 

Artinya : “Aku penuhi panggilan-Mu ya Allah untuk berumroh.”

atau membaca :  نَوَيْتُ العُمْرَةَ وَأَحْرَمْتُ بِهَا لِلهِ تَعَالَى   

Artinya : “Aku niat umroh dengan berihram karena Allah Ta’ala.”

5. Membaca Talbiah, Shalawat, dan Do’a

Talbiah dibaca setelah ihram untuk umroh sampai hendak memulai tawaf.

لَبَّیكَ الّلهُمَّ لَبَّیكَ، لَبَّیكَ لاشَریكَ لَكَ لَبَّیكَ، إنَّ الْحَمدَ وَ النِّعمَةَ لَكَ وَ الْمُلكَ، لاشَریكَ لَكَ 

Artinya : “Aku datang memenuhi panggilan-Mu ya Allah aku datang untuk memenuhi panggilan-Mu, aku datang untuk memenuhi panggilan-Mu, tidak ada sekutu bagi-Mu, aku datang untuk memenuhi panggilan-Mu. Sesungguhnya segala puji, nikmat dan segenap kekuasaan adalah milik-Mu, tiada sekutu bagi-Mu.”

Shalawat atas Nabi Muhammad :   للَّهُمَّ صَلِّ عَلىَ مُحَمَّدٍ وَعَلىَ آلِ مُحَمَّدٍ 

Artinya : “Ya Allah limpahkanlah rahmat kepada Nabi Muhammad dan Keluarga-nya.”

Doa yang artinya : “Ya Allah, sesungguhnya kami memohon keridhoan-Mu dan surga-Mu. Kami berlindung kepada-Mu dari kemurkaan-Mu dan siksa neraka. Wahai tuhan kami, berilah kami kebaikan didunia dan kebaikan akhirat dan jauhkanlah kami dari siksa neraka.”

Masuk kota Makkah, kemudian berdo’a. Masuk Masjidil Haram dan melihat Kabah, kemudian berdo’a. Melintasi maqam Ibrahim sewaktu hendak memulai tawaf dan disunahkan berdo’a di tempat tersebut

6. Tawaf

Ilustrasi Ibadah Umroh
Ilustrasi Ibadah Umroh, Sumber : haramaintour.com

Tawaf dimulai dari posisi hajar aswad atau garis warna coklat (sudut sebelah tenggara Kabah), bila mampu sambil mencium hajar aswad dan apabila kesulitan untuk melakukan itu, maka cukup memberi isyarat dengan menghadap ke arah hajar aswad, demikian pada putaran selanjutnya. Pada saat di posisi hajar aswad tersebut.

Setelah menyelesaikan tawaf dengan jumlah putaran 7 kali, disunnahkan shalat dua rakaat di hijir Ismail (sebelah timur Kabah) secara berhati-hati sebab di tempat itu adalah lokasi berlalu-lalangnya jamaah yang sedang melakukan ibadah tawaf.

Kemudian dilanjutkan ke multazam (yaitu tempat antara hajar aswad dan pintu Kabah) untuk bermunajat. Karena masih dalam satu lokasi, dilanjutkan dengan masuk ke tempat sumur zamzam untuk mengambil air zamzam, kemudian berdo’a.

Tips Ibadah Umroh Bagi Keluarga

Melaksanakan Ibadah Umroh merupakan suatu hal yang didambakan oleh semua umat Muslim. Selain berpahala dalam menjalankannya, Ibadah Umroh juga merupakan salah satu kegiatan yang mengasyikkan. Tapi, bagaimana jika menunaikan ibadah Umroh-nya bersama keluarga? Tentu akan terasa lebih menyenangkan, juga khidmat.

Beribadah bersama anak dan istri di tanah suci merupakan momen berharga yang tidak bisa dilupakan. Bagi Anda yang ingin Umroh bersama keluarga. Berikut ini beberapa tips Ibadah Umroh bagi keluarga.

1. Membawa Pakaian Sesuai dengan Musim

Pada dasarnya, Arab memiliki dua musim yaitu musim panas dan musim dingin. Namun, yang menjadi masalah adalah cuaca di daerah Arab bisa sangat ekstrim. Saat sedang panas maka akan panas sekali begitu pula saat cuaca sedang dingin. Keadaan tersebut sangat berbeda dengan Indonesia yang beriklim tropis.

Oleh karena itu, diharapkan Anda yang akan Umroh bersama keluarga harus membawa beberapa pakaian sesuai dengan musim yang sedang terjadi di Arab. Apabila Anda berangkat saat akhir atau awal  tahun maka yang perlu dibawa adalah pakaian tebal, sebab cuacanya akan sangat dingin.

Sedangkan saat pertengahan tahun, sebaiknya Anda membawa pakaian tipis dan menyerap keringat. Namun, pakaian tersebut tidak boleh sampai transparan terlebih lagi jika pakaian wanita.

2. Mengkonsultasikan Kesehatan Setiap Anggota Keluarga

Terkadang obat-obatan yang terdapat di tanah suci mengandung dosis yang sangat tinggi dan tidak cocok untuk warga Indonesia. Jadi, lakukanlah pencegahan agar saat di tanah suci Anda sekeluarga tidak mengalami sakit.

Caranya yaitu dengan selalu memeriksakan kesehatan secara rutin sebelum berangkat. Hal ini sangat dianjurkan agar setelah sampai tanah suci kondisi kesehatan Anda berada dalam kondisi yang baik.

3. Menyediakan Perlengkapan serta Obat-Obatan

Paspor, Sumber : Kendari Pos
Paspor, Sumber : Kendari Pos

Perlengkapan Umroh merupakan suatu hal yang harus dipersiapkan saat akan berangkat menuju ke tanah suci bersama keluarga.

4. Mencari Pendamping Umroh

Agar perjalanan Anda lebih nyaman dan aman. Alangkah baiknya untuk menyewa pendamping Umroh pada travel yang Anda gunakan. Hal ini dilakukan agar perjalanan Anda lancar dan aman. Carilah pendamping Umroh yang mengetahui seluk beluk kota makkah dan memiliki kemampuan ilmu syariah yang baik, apalagi jika Anda membawa anak-anak di bawah umur.

Cobalah untuk menyewa pendamping Umroh khusus dari warga setempat atau travel Umroh bersangkutan. Selain untuk kenyamanan, terdapat juga peraturan yang menyebutkan bahwa jamaah yang berusia di bawah 45 tahun wajib memiliki pendamping sampai kantor imigrasi Arab.

Demikianlah tips Ibadah Umroh yang bisa Anda lakukan saat akan berangkat ke tanah suci. Dengan melakukan tips tersebut, Anda dan keluarga akan lebih nyaman dalam menunaikan Ibadah. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda.