+62 856-4370-6002 luthfi.sajadah@gmail.com
Select Page

Umroh di bulan Ramadhan merupakan cita-cita yang mulia, sebab ada keutamaan menunaikan ibadah haji kecil ini khusus di bulan penuh berkah. Keutamaan yang sudah umum diketahui dari umroh di bulan ramadhan adalah nilai pahalanya setara dengan haji.

Bahkan ada yang menyebutkan pula nilainya sama dengan haji bersama Nabi Muhammad SAW. Hal ini disebutkan dalam hadits Nabi Muhammad SAW: Dari Ibnu ‘Abbas radhiyallahu ‘anhuma, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah bertanya pada seorang wanita,“Apa alasanmu sehingga tidak ikut berhaji bersama kami?

Wanita itu menjawab, “Aku punya tugas untuk memberi minum pada seekor unta di mana unta tersebut ditunggangi oleh ayah fulan dan anaknya -ditunggangi suami dan anaknya-. Ia meninggalkan unta tadi tanpa diberi minum, lantas kamilah yang bertugas membawakan air pada unta tersebut. Lantas Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Jika Ramadhan tiba, berumrahlah saat itu karena umrah Ramadhan senilai dengan haji.” (HR. Bukhari no. 1782 dan Muslim no. 1256).

Dalam hadits Bukhari lainnya disebutkan: “Sesungguhnya umrah di bulan Ramadhan seperti berhaji bersamaku.” (HR. Bukhari no. 1863)

Membaca hadits di atas tentunya Anda sudah paham mengapa selama ini banyak sekali orang yang berjuang untuk bisa umroh ramadhan. Karena sekarang ini berhaji sangat lama masa tunggunya, sehingga orang-orang yang menginginkan pahala ibadah haji berusaha mendapatkannya dengan umroh di bulan Ramadhan.

Keutamaan Umroh di Bulan Ramadhan

Ilustrasi Tata Cara Umroh
Ilustrasi Tata Cara Umroh, Sumber : haramaintour.com

Supaya lebih semangat lagi ibadahnya, berikut ini beberapa alasan mengapa Anda harus umroh di bulan Ramadhan.

1. Meraih Pahala Melimpah

Selain nilainya setara dengan haji, bahkan haji bersama Rasulullah, umroh Ramadhan memberi Anda kesempatan untuk mendulang pahala berlimpah ruah. Bagaimana tidak, setiap amal kebajikan di bulan Ramadhan akan dilipatgandakan minimal sepuluh kali lipat dan maksimal tak terbatas dari Allah SWT.

Anda yang pergi umroh saja sudah banyak pahala yang bisa di dapat, seperti ibadah di Masjidil Haram nilainya 100.000 kali lipat. Shalat di Masjid Nabawi 1000 kali lipat. Belum ibadah lainnya, semuanya berkesempatan mendapatkan pahala berlipatganda.

Jika semua hal di atas dilakukan di bulan Ramadhan, maka pahala yang bisa Anda peroleh akan lebih banyak lagi, bahkan tak terhingga. Insya Allah. Anda hanya perlu mengimaninya, serta melaksanakan ibadah umroh ini dengan sebaik-baiknya.

2. Amalan Cerdas di Waktu Terbatas

Manusia hidup tidaklah lama, maka perlu adanya strategi termasuk dalam beramal shalih. Anda tidak bisa memperpanjang waktu atau umur Anda, namun Anda bisa memilih amalan cerdas di waktu Anda yang terbatas.

Seperti halnya umroh. Umroh ramadhan memberi peluang Anda mendapatkan pahala yang sangat besar dibandingkan dengan bulan-bulan lainnya. Maka, mengapa tidak berusaha untuk menggapainya?

Jika kita ingin pahala umroh senilai haji, pelipatgandaan pahala ibadah-ibadah wajib dan sunnah di masjidil haram, pelipatgandaan pahala di waktu Ramadhan itu sendiri, maka sepatutnya berjuang agar bisa berumroh di bulan Ramadhan.

3. Biaya yang Mahal akan Dihitung sebagai Fii Sabilillah

Ilustrasi Umroh di Bulan Ramadhan
Ilustrasi Umroh di Bulan Ramadhan, Sumber : Risalah Tour

Biaya untuk umroh Ramadhan nilainya bisa berkali-kali lipat dari umroh reguler (di bulan-bulan lainnya). Anda tidak perlu khawatir, sebab setiap rupiah yang Anda keluarkan untuk umroh akan dinilai sebagai amal fii sabilillah.

Artinya, seluruh pengeluaran Anda akan diganti oleh Allah dengan yang lebih baik lagi. Ya, semuanya akan diganti oleh Allah saat Anda dengan ikhlas mengeluarkan uang untuk beribadah umroh.

Jadi, walau yang menikmati adalah diri sendiri, Allah akan tetap siapkan balasannya. Jika mampu, pilihlah umroh dengan paket terbaik yang ditawarkaan oleh biro travel umroh yang Anda percaya untuk mengurus pelaksanaan umroh Anda.

Jangan tanggung-tanggung, sebab Allah berjanji akan menggantinya dengan balasan yang lebih baik serta keberkahan dalam hidup Anda.

4. Umroh di Bulan Ramadhan Mendatangkan Rezeki

Seperti yang sudah disebutkan di poin sebelumnya, Allah akan mengganti biaya umroh dengan balasan pahala yang melimpah. Bukan hanya pahala di akhirat, namun juga pahala di dunia berupa rezeki yang berkah.

Sudah diketahui bersama bahwa salah satu fadhilah dari umroh adalah mendatangkan rezeki, sebab umroh adalah penghapus kefakiran. Jika Allah menghapus kefakiran, maka rezeki baik secara materi, kesehatan, kebahagiaan, kesuksesan, dan sebagainya akan datang ke dalam hidup.

Oleh karena itu, jangan pernah kikir pada Allah, sebab Allah selalu bermurah hati memberikan rezeki yang tak terbatas kepada siapa saja yang dikehendaki-Nya.

5. Terkabulnya Doa-doa

Pakaian Ihram, sumber Tafakul
Ilustrasi Ibadah Umroh, Sumber : Tafakul

Hal lain yang tak kalah menarik, yang membuat Anda pasti ingin pergi umrah Ramadhan adalah peluang dikabulkannya doa-doa yang selama ini ingin Anda panjatkan.

Berbahagialah Anda yang bisa melaksanakan umroh, apalagi di bulan yang penuh keberkahan. Anda bisa puas berdoa kepada Allah di Rumah Allah. Usahakan untuk berdoa secara khusyu’ dan tenang, agar Allah meridhoi segala yang Anda inginkan.

Jangan lupa juga untuk mendoakan orang lain. Sebab, doa kepada orang lain juga sangat powerful, karena dengan mendoakan orang lain, doa Anda akan diaminkan oleh malaikat. Otomatis doa Anda kepada orang lain, sama halnya Anda mendoakan untuk kebaikan Anda sendiri.

Ingat, lakukan seluruh ibadah umroh hanya karena Allah. Jangan sampai terselip rasa bangga karena Anda berhasil umroh dengan biaya yang banyak, dan waktu yang diidamkan oleh umat Islam di seluruh dunia.

Demikianlah ulasan mengenai beberapa keutamaan umroh di bulan Ramadhan. Bagi Anda yang berniat umroh di bulan ramadhan tahun ini, semoga ibadah umrohnya bisa berjalan dengan baik dan lancar. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda.