+62 856-4370-6002 luthfi.sajadah@gmail.com
Select Page

Puasa Ramadhan merupakan bulan puasa yang paling ditunggu oleh umat muslim yang ada di seluruh dunia. Bagaimana tidak? Pada bulan Ramadhan ini nantinya setiap kebaikan yang dilakukan akan dilipatgandakan oleh Allah SWT. Jadi sudah seharusnya sebagai umat muslim mengetahui berbagai persiapan penting untuk menyambut bulan Ramadhan.

Mengenai kebaikan yang dilipatgandakan pada bulan Ramadhan ini juga ada di dalam sebuah hadits yang artinya:

“Setiap amalan kebaikan yang dilakukan oleh manusia akan dilipatgandakan dengan sepuluh kebaikan yang semisal hingga tujuh ratus kali lipat. Allah SWT berfirman (yang artinya) “Kecuali amalan puasa. Amalan puasa tersebut adalah untuk-Ku. Aku sendiri yang akan membalasnya. Disebabkan dia telah meninggalkan syahwat dan makanan karena-Ku”.” (HR. Muslim).

Puasa di bulan Ramadhan menjadi penuh berkah jika Anda mempersiapkannya dengan baik. Dengan begitu Anda bisa menjalani puasa 1 bulan dengan maksimal jika sudah mempersiapkannya. Bulan Ramadhan hanya bisa dijumpai 1 tahun sekali, maka tidak heran jika seluruh umat muslim sudah mulai mempersiapkannya jauh-jauh hari.

Persiapan menyambut bulan suci Ramadhan, Sumber: indozone.id
Persiapan menyambut bulan suci Ramadhan, Sumber: indozone.id

8 Persiapan Menjelang Bulan Ramadhan

Ada berbagai hal yang perlu Anda lakukan untuk mempersiapkan Ramadhan. Puasa yang akan Anda jalani akan dipenuhi dengan keberkahan apabila melakukan persiapan puasa Ramadhan. Tidak perlu waktu lama lagi, berikut berbagai persiapan bulan puasa yang perlu Anda lakukan.

1. Melunasi Hutang Puasa

Apakah Anda masih memiliki hutang puasa tahun lalu? Mumpung masih ada waktu sebelum bulan Ramadhan tiba, sebaiknya Anda segera melunasinya. Biasanya kaum perempuan yang sering memiliki hutang puasa. Hal ini dikarenakan siklus menstruasi yang dialami oleh para perempuan. Bukan itu saja, bahkan kaum laki-laki pun juga bisa memiliki hutang puasa.

Bisa jadi saat bulan Ramadhan ia jatuh sakit atau bepergian jarak jauh. Sehingga diperbolehkan tidak berpuasa dengan syarat menggantinya di lain bulan. Hal ini dikarenakan puasa Ramadhan hukumnya wajib. Jadi jika ada beberapa hari yang membuat Anda tidak berpuasa, maka Anda wajib menggantinya sebelum puasa tahun depan datang.

Sebenarnya hutang puasa ini bisa Anda lunasi setelah lebaran. Dengan begitu Anda tidak akan terbebani jika sudah lunas. Namun terkadang tidak semua orang bisa melakukannya, jadi tidak harus setelah lebaran langsung melunasinya. Jadi bagi Anda yang masih memiliki hutang, disarankan untuk segera melunasinya.

Segera melunasi hutang puasa tahun lalu, Sumber: tribunnewswiki.com
Segera melunasi hutang puasa tahun lalu, Sumber: tribunnewswiki.com

2. Mulai Memperbanyak Ibadah

Seperti yang telah disampaikan sebelumnya bahwa bulan Ramadhan merupakan bulan yang penuh berkah. Hal ini dikarenakan setiap kebaikan akan dilipatgandakan oleh Allah SWT. Jadi biar tidak kaget, Anda bisa mulai persiapan memperbanyak ibadah sebelum bulan Ramadhan tiba. Ibadah yang Anda lakukan ini tentu saja diluar ibadah wajib (sholat 5 waktu).

Misalnya saja mulai membiasakan diri untuk memperbanyak membaca Al-Qur’an. Lalu mulai melakukan sholat sunnah, hingga perbanyak dzikir. Hal ini sangatlah penting sebagai awalan untuk menyambut Ramadhan. Jadi pada saat bulan Ramadhan tiba, Anda sudah terbiasa dengan ibadah yang Anda lakukan tersebut.

Ingatlah bahwa setiap kebaikan yang dilakukan sekecil apapun akan dilipatgandakan oleh Allah SWT. Jadi gimana nih, Anda mau kan kalau pahalanya menjadi berlipat-lipat?

Mulai memperbanyak ibadah, Sumber: inews.id
Mulai memperbanyak ibadah, Sumber: inews.id

3. Belajar Puasa Sunnah

Persiapan yang perlu Anda lakukan untuk menyambut bulan Ramadhan ini juga bisa dengan belajar puasa sunnah. Kan mau puasa 1 bulan penuh, lalu mengapa harus belajar puasa sunnah? Belajar puasa sunnah ini bisa melatih Anda untuk terbiasa menjalani puasa Ramadhan kelak. Selain untuk belajar supaya tidak kaget, puasa sunnah ini juga memiliki banyak manfaat lain loh.

Salah satu manfaat puasa sunnah yang akan Anda dapatkan ialah mempermudah mendapatkan jodoh. Buat Anda yang masih jomblo, bisa nih mencoba puasa sunnah. Gimana, jadi semakin semangat untuk belajar puasa sunnah bukan?

Belajar puasa sunnah, Sumber: muslim.or.id
Belajar puasa sunnah, Sumber: muslim.or.id

4. Siapkan Fisik dengan Olahraga

Selain persiapan jasmani, Anda juga perlu menyiapkan fisik di bulan Ramadhan ini. Pada saat puasa, kondisi fisik Anda juga harus prima. Oleh sebab itu Anda memerlukan bantuan olahraga untuk mempersiapkan fisik selama bulan Ramadhan. Ketika tubuh tidak fit, maka Anda bisa lebih mudah terserang sakit.

Alhasil kualitas puasa Anda menjadi kurang optimal. Jadi melakukan olahraga ringan pada saat menjelang ataupun saat puasa sangatlah dianjurkan. Terlebih olahraga juga menjadi salah satu tips menjaga kesehatan ala Rasulullah SAW loh. Salah satu alasan Rasulullah jarang sakit ya karena terbantu dengan seringnya beliau melakukan olahraga.

Melakukan olahraga ringan, Sumber: indozone.id
Melakukan olahraga ringan, Sumber: indozone.id

5. Memperbaiki Pola Makan

Memperbaiki pola makan juga menjadi persiapan penting menjelang bulan Ramadhan. Pastikan Anda mengonsumsi makanan yang sehat dan banyak mengandung nutrisi. Perlu Anda ketahui bahwa rata-rata puasa di Indonesia ialah selama 12 hingga 13 jam sehari. Jadi penting untuk Anda memperhatikan makanan yang dikonsumsi pada saat sahur maupun berbuka puasa.

Selain itu Anda juga perlu mengkonsumsi vitamin apabila diperlukan. Hal ini tentu saja untuk menambah perlindungan Anda, sehingga tubuh menjadi lebih kuat. Dengan demikian, Anda tidak akan mudah terserang penyakit yang bisa mengganggu aktivitas puasa. Anda tidak mau saat puasa Ramadhan terserang penyakit bukan?

Jadi mulai sekarang mulailah perbaiki pola makan Anda. Jangan lupa juga untuk memastikan bahwa makanan yang Anda konsumsi sudah mengandung gizi yang seimbang.

Mulai memperbaiki pola makan, Sumber: kompas.com
Mulai memperbaiki pola makan, Sumber: kompas.com

6. Mempersiapkan Kebutuhan Sehari-hari Selama Ramadhan

Apa saja kebutuhan sehari-hari yang diperlukan selama Ramadhan? Salah satunya ialah berkaitan dengan keperluan dapur. Mulai dari bumbu-bumbu hingga sembako lainnya. Tidak ketinggalan juga mempersiapkan buah yang dianjurkan dimakan saat bulan Ramadhan. Apa itu? Yaps benar sekali, kurma!

Anda bisa mulai mempersiapkan kurma untuk kebutuhan Anda dan keluarga selama bulan Ramadhan. Tapi dimana membeli kurma untuk persiapan bulan Ramadhan? Anda bisa membelinya di toko oleh-oleh haji yang terpercaya. Di pusat oleh-oleh haji ini banyak sekali berbagai jenis kurma yang bisa Anda beli untuk persiapan bulan puasa.

Jangan lupa Anda memperhatikan penyimpanan kurma yang tepat. Hal ini bertujuan agar kurma yang Anda beli tadi bisa lebih awet dan tahan lama.

Menyiapkan kebutuhan sehari-hari selama Ramadhan, Sumber: economy.okezone.com
Menyiapkan kebutuhan sehari-hari selama Ramadhan, Sumber: economy.okezone.com

7. Menyiapkan Peralatan Ibadah

Peralatan ibadah seperti peci, sarung, mukena, hingga sajadah merupakan salah satu hal yang perlu Anda persiapkan. Mulailah untuk membersihkan peralatan ibadah tersebut dengan mencucinya. Sehingga pada saat bulan puasa, peralatan ibadah Anda menjadi bersih dan harum. Dengan begitu Anda akan semakin semangat untuk beribadah saat bulan puasa.

Namun perlu Anda perhatikan untuk mencuci berbagai peralatan ibadah tersebut juga tidak boleh asal. Misalnya saja sajadah, agar sajadah Anda tetap awet maka Anda perlu mengetahui bagaimana cara mencuci sajadah yang tepat. Sehingga Anda tidak perlu selalu beli baru ketika sajadah yang Anda miliki masih awet dan dirawat dengan benar.

Menyiapkan peralatan ibadah, Sumber: kompas.com
Menyiapkan peralatan ibadah, Sumber: kompas.com

8. Belajar Mengontrol Diri

Selain menahan lapar, puasa juga diharuskan untuk menahan hawa nafsu. Lalu bagaimana caranya? Anda bisa belajar mengontrol diri mulai sekarang. Karena biasanya pada saat puasa, ada saja godaan yang datang menghampiri. Mulai dari bergosip, marah-marah, hingga melakukan perbuatan buruk lainnya.

Jadi Anda bisa belajar mengontrol diri dulu untuk persiapan menyambut bulan Ramadhan. Dengan begitu, Anda jauh lebih mudah untuk mengontrol diri saat bulan puasa. Supaya puasa Anda dipenuhi keberkahan dan dilipatgandakan pahalanya, jadi lebih baik untuk membuang jauh-jauh perbuatan buruk. Sehingga belajar mengontrol diri dapat menjadi solusinya.

Belajar mengontrol diri, Sumber: universitaspsikologi.com
Belajar mengontrol diri, Sumber: universitaspsikologi.com

Bagaimana, sudah siap menyambut bulan Ramadhan dengan penuh sukacita? Jangan lupa untuk mempersiapkan pakaian muslim laki-laki maupun perempuan untuk menunjang penampilan Anda selama Ramadhan ya. Anda bisa membeli pakaian muslim tersebut di Luthfi Sajadah.

Selain pakaian muslim, Luthfi Sajadah juga menyediakan berbagai kebutuhan lainnya loh. Misalnya saja kurma, mukena, dan lain sebagainya. Tunggu apalagi? Yuk segera penuhi kebutuhan Ramadhan Anda di Luthfi Sajadah. Jangan ragu untuk menghubungi kami untuk pemesanannya ya!