+62 856-4370-6002 luthfi.sajadah@gmail.com
Select Page

Ibadah umroh merupakan salah satu ibadah yang dicita-citakan oleh kaum muslim selain ibadah haji. Meskipun ibadah umroh ini bisa dilakukan kapan saja, namun ada waktu terbaik untuk melaksanakan ibadah umroh tersebut. Jadi akan lebih baik jika Anda melaksanakan ibadah umroh di waktu yang tepat. Pemilihan waktu ini juga berkaitan dengan cuaca ekstrim yang terjadi di Timur Tengah, oleh sebab itu jemaah umroh harus memilih waktu yang tepat.

Salah satu perbedaan haji dan umroh ialah waktu pelaksanaannya. Waktu untuk pelaksanaan ibadah haji hanya pada bulan-bulan tertentu yakni pada bulan Dzulhijjah sekali dalam setahun. Sedangkan untuk umroh bisa dilaksanakan kapan saja dan bisa dilakukan berkali-kali. Alasan umroh dapat dilakukan kapan saja sepanjang tahun ialah karena di dalam ibadah umroh tidak terdapat rukun wukuf di Arafah.

Rukun wukuf di Arafah tersebut dilakukan pada 9 Dzulhijjah. Perlu Anda ketahui bahwa rukun umroh dan rukun haji juga memiliki perbedaan. Untuk ibadah umroh tidak ada rukun wukuf di Arafah, jadi rukun umroh terdiri dari niat ihram, tawaf, sa’i, tahallul (memotong rambut), dan tertib. Sedangkan untuk ibadah haji memiliki rukun haji yakni niat ihram, wukuf di Arafah, tawaf, sa’i, tahallul (memotong rambut), dan tertib.

Waktu terbaik untuk melaksanakan ibadah umroh, Sumber: ayocirebon.com
Waktu terbaik untuk melaksanakan ibadah umroh, Sumber: ayocirebon.com

Inilah Waktu Terbaik untuk Menjalankan Ibadah Umroh

Sebelum Anda memutuskan waktu untuk berangkat umroh, pastikan dahulu kapan waktu umroh terbaik. Sehingga dapat meminimalisir hal-hal yang tidak diinginkan saat ibadah umroh, misalnya saja cuaca yang ekstrim. Berikut rekomendasi waktu terbaik untuk melaksanakan ibadah umroh.

1. Umroh di Bulan Ramadhan

Waktu yang tepat untuk melaksanakan ibadah umroh yang pertama ialah pada saat bulan Ramadhan. Hal ini karena terdapat keutamaan saat menjalankan ibadah umroh pada bulan Ramadhan. Umroh di bulan Ramadhan nilai pahalanya setara dengan haji. Hal ini ada di dalam salah satu hadits dari Ibnu ‘Abbas RA, ia berkata bahwa Nabi Muhammad SAW pernah bertanya pada seorang wanita, “Apa alasanmu sehingga tidak ikut berhaji bersama kami?”.

Wanita tersebut menjawab, “Aku punya tugas untuk memberi minum pada seekor unta di mana unta tersebut ditunggangi oleh ayah fulan dan anaknya -ditunggangi suami dan anaknya-. Ia meninggalkan unta tadi tanpa diberi minum, lantas kamilah yang bertugas membawakan air pada unta tersebut.”

Lantas Rasulullah SAW bersabda, “Jika Ramadhan tiba, berumrahlah saat itu karena umrah Ramadhan senilai dengan haji.” (HR. Bukhari no. 1782 dan Muslim no. 1256).

2. Umroh di Awal dan Akhir Tahun Masehi

Waktu terbaik untuk umroh selanjutnya pada awal dan akhir tahun masehi. Biasanya banyak orang yang menggunakan akhir dan awal tahun ini untuk liburan ke luar negeri. Anda bisa memilih liburan untuk mengunjungi tanah suci sekaligus menjalankan ibadah umroh bersama keluarga. Pada awal tahun cuaca di tanah suci tidak terlalu panas. Sehingga Anda dapat memanfaatkan momen tersebut untuk menjalankan ibadah umroh.

Bulan Ramadhan salah satu waktu terbaik untuk umroh, Sumber: jabar.inews.id
Bulan Ramadhan salah satu waktu terbaik untuk umroh, Sumber: jabar.inews.id

3. Umroh Pada Bulan Maret hingga Mei

Pada bulan Maret hingga Mei merupakan salah satu waktu terbaik untuk menjalankan ibadah umroh. Hal ini dikarenakan cuaca di tanah suci cukup bersahabat. Meskipun sudah memasuki musim panas, namun cuaca di sana pada bulan ini masih bagus yakni tidak terlalu panas ataupun tidak terlalu dingin. Jadi pada waktu ini Anda bisa menikmati ibadah umroh tanpa terganggu cuaca ekstrim.

4. Menjelang Musim Haji dan Sesudah Musim Haji

Waktu yang tepat untuk umroh selanjutnya ialah pada saat menjelang dan sesudah musim haji. Pada saat menjelang musim haji suasana di tanah suci cukup sepi, sehingga Anda bisa dengan khusyu’ melaksanakan ibadah umroh. Menjelang musim haji ini biasanya jatuh pada bulan Syawal hingga Dzulhijjah.

Begitu pula dengan waktu setelah musim haji, suasana di tanah suci akan cukup lenggang karena jemaah haji sudah pulang ke negara masing-masing. Anda tidak perlu berdesak-desakan jika melakukan ibadah umroh pada waktu ini.

5. Ketika Libur Sekolah

Jika Anda ingin mengajak anak-anak Anda untuk ibadah umroh, maka waktu yang tepat ialah pada saat libur sekolah. Biasanya libur sekolah ini memiliki durasi yang cukup panjang, sehingga Anda bisa mengajak anak Anda untuk wisata religi ke tanah suci. Anda bisa mengenalkan kepada anak mengenai sejarah Islam yang berada di tanah suci tersebut.

Sesuaikan dengan cuaca yang ada di tanah suci, Sumber: ekonomi.bisnis.com
Sesuaikan dengan cuaca yang ada di tanah suci, Sumber: ekonomi.bisnis.com

Bagi Anda yang akan menunaikan ibadah haji ataupun umroh, jangan lupa untuk mempersiapkan berbagai perlengkapannya terlebih dahulu. Selain itu jagalah dan pastikan kondisi fisik Anda supaya tetap sehat dari sebelum berangkat hingga kembali ke rumah. Anda bisa mendapatkan berbagai kebutuhan untuk pergi ke tanah suci di Luthfi Sajadah.

Luthfi Sajadah merupakan toko oleh-oleh haji Jogja, menyediakan berbagai souvenir haji dan umroh seperti kurma, zam-zam, kismis, kacang arab, simin, sajadah, gantungan kunci, teko, dan lain sebagainya. Bukan hanya itu saja, kami juga menyediakan berbagai perlengkapan haji dan umroh (ihrom, gamis, celana, kaos, dan yang lainnya), serta berbagai kebutuhan muslim dan muslimah lainnya.

Untuk Anda yang baru saja pulang haji atau umroh dan ingin memberikan oleh-oleh kepada teman, kerabat, hingga keluarga bisa mengemasnya dengan kemasan menarik. Misalnya saja dengan menggunakan kemasan ziplock untuk berbagai camilan seperti kurma, kacang arab, coklat, atau makanan yang lainnya.

Terima kasih telah membaca informasi mengenai waktu terbaik untuk melaksanakan ibadah umroh. Dapatkan informasi menarik lainnya seputar haji dan umroh dari kami, hanya dengan mengunjungi laman website Luthfi Sajadah.